Tim Penilai Kunjungan Lapangan ke Desa Sipaku Area


Masyarakat sambut tim penilai

ASAHAN-Tim Penilai lomba desa/kelurahan terbaik tingkat Sumatera Utara yang dipimpin Sekretaris PMD Marzuki beserta tim penilai kunjungan lapangan ke Desa Sipaku Area, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan, Jumat (22/7/2022). Desa itu merupakan satu peserta lomba desa/ kelurahan terbaik tingkat  Sumatera Utara.


Kehadiran tim penilai disambut Bupati Asahan yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Buwono Prawana didampingi Kepala Dinas PMD Suherman Siregar, pengurus PKK, Forkopimca, Kepala Desa Sp. Empat Abdul Paya Harahap dan lainnya.

Kunjungan lapangan merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai masing-masing desa/ kelurahan yang dilakukan setiap tahun.

Buwono Prawana menyampaikan, dengan ditetapkannya Desa Sipaku Area, Kecamatan Sp. Empat menjadi desa terbaik tingkat Asahan pada 2022, ditetapkan pula Desa Sipaku Area  untuk mewakili Asahan  mengikuti penilaian lomba desa/kelurahan tingkat Sumatera Utara. 

Buwono mengatakan, beberapa keunggulan yang dimiliki Desa Sipaku Area, sehingga ditetapkan untuk mengikuti Lomba tingkat Sumatera Utara. Keunggulan itu antara lain, keberhasilan dalam melaksanakan PPKM di masa pandemi Covid 19, penerapan sistem pelayanan satu pintu secara luas kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan publik.

Desa Sipaku Area adalah desa bersinar (bersih narkoba) yang ditetapkan pada 2020 kerjasama pemkab dengan BNN Asahan, tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan sangat tinggi yang dibuktikan dengan pembangunan cor beton jalan setapak dan hibah lahan oleh masyarakat.

Buwono berharap Desa Sipaku Area menjadi desa terbaik tingkat Sumatera Utara tentunya dengan evaluasi, masukan dan saran dari tim penilai provinsi.   

Ketua tim penilai yang juga Sekretaris Dinas PMD Sumut, Marzuki mengatakan, pelaksanaan penilaian desa dan kelurahan terbaik merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai oleh masing-masing desa/kelurahan setiap tahunnya dan dalam rangka memberikan motivasi untuk mendorong pembangunan dan pengembangan sekaligus memberdayakan masyarakat guna mempercepat kemandirian desa. 

Penilaian yang dilakukan, lanjut Marzuki adalah  dengan melihat paparan ekpose dari Kepala Desa Sipaku Area beserta ekpose dari Ketua TP PKK Desa Sipaku Area dan sekretaris LPM Desa  dengan tampilan video inovasi dan kegiatan desa. 

Tim evaluasi melakukan penilaian dengan memberi pertanyaan kepada kepala desa, perangkat desa, Ketua TP PKK dan para kader PKK mengenai Desa Sipaku Area untuk dijadikan nanti sebagai dasar penilaian. (YG)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama