Wali Kota Malang Apresiasi Festival Tong Tong Night Market

 Wali kota berikan sertifikat pada inisiator Tong Tong Night Market


KOTA MALANG-Wali Kota Malang, Sutiaji beserta rombongan resmikan festival Tong Tong Night Market yang diadakan selama tiga hari, 29-31 Juli di Hotel Shalimar Boutique, Jalan Cerme Nomor 16, Kelurahan Oro Oro Dowo, Kecamatan Klojen.


Pembukaan festival itu dihadiri sejumlah tokoh nasional serta delegasi dari luar negeri antara lain,  Duta Besar Belanda, Wakil Ketua MPR, Wakil Gubernur Jawa Timur dan pejabat lainnya.

Owner The Shalimar, Lily yang merupakan inisiator program mengatakan, kegiatan yang dibuatnya guna mengenang sejarah. “Festival ini diadakan lagi setelah dua tahun vakum. Jadi, saya sendiri pernah tinggal 12 tahun di Belanda, setiap saya melewati jalan raya A4 menuju Rotterdam, selalu ada tenda besar di Lapangan Manivel. Akhirnya saya penasaran itu apa ternyata Tong tong fair. Jadi itu seperti night market yang diadakan di Belanda isinya untuk mempromosikan Indonesia. Saya terinspirasi dari situ,” Katanya Lily

Perempuan bernama lengkap Lily Jessica Tjokrosetio itu membeberkan, idenya lahir awal 2016, dengan mengadopsi Tong-tong fair yang ada di Belanda. Kemudian membuat sebuah festival agar masyarakat dapat berkumpul bersama menikmati berbagai macam makanan tradisional Indonesia dan beberapa jenis makanan khas Belanda di Kota Malang.

“Dengan event ini, saya bisa mewujudkan sedikit jati diri dan background saya sebagai orang Indonesia yang juga cukup lama tinggal di Belanda. Selain itu, saya lihat generasi muda ini banyak yang sudah tidak tahu makanan-makanan tradisional itu seperti apa. Itulah alasan saya mengadakan Tong-tong, untuk mempromosikan budaya, termasuk sejarah dan melestarikan kembali apa yang hampir punah, termasuk nantinya akan ada performance tradisional yang akan dihadirkan kembali,” ujarnya. 

Wali Kota Sutiaji mengatakan jika, acara ini sangat luar biasa apalagi pada masa pasca pandemi Covid-19  "Hotel Shalimar ini banyak memiliki keistimewaan, salah satu hotel yang memiliki sejarah dan merupakan hotel heritage.Jadi tepat sekali jika ada even tahunan yang mengangkat ciri khas kota ini," katanya. (Rud)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama