Cuaca Ekstrim, Bupati Minta Warga Tanah Datar Waspada

 Bupati Tanah Datar serahkan bantuan untuk korban puting beliung


BATUSANGKAR-Sebanyak lima rumah yang dihuni enam kepala keluarga (KK) di Jorong Rajo Dani, Nagari Padang Ganting, Kecamatan Padang Ganting terdampak musibah angin puting yang terjadi 17 Agustus lalu. Para korban menerima bantuan dari pemerintah daerah dan Badan Amil Zakat (Baznas) Tanah Datar.


Bantuan diserahkan secara simbolis Bupati Eka Putra bersama Ketua Baznas Yasmansyah dan turut dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan Ermon Revlin, Camat Padang Ganting Ronal Satria, forkopimca, Wali Nagari Padang Ganting dan masyarakat, Selasa (23/8/2022). 

"Bantuan ini merupakan dana zakat dari ASN dan masyarakat yang dikumpulkan pada Baznas Tanah Datar dan disalurkan untuk meringankan beban Bapak dan Ibuk korban yang terdampak musibah beberapa hari lalu," kata Eka Putra yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar.

 Bupati mengingatkan kepada seluruh masyarakat Tanah Datar untuk terus siap siaga dan waspada terhadap semua potensi penyebab berbagai musibah dan bencana. 

"Beberapa hari terakhir di berbagai wilayah Tanah Datar cuaca cukup ekstrim dengan angin kencang diwarnai hujan. Saya imbau masyarakat waspada termasuk api yang bisa menyebabkan kebakaran, serta ranting dan pohon yang berkemungkinan tumbang," tukas Eka.

 Ketua Baznas Yasmansyah mengatakan, total bantuan yang diserahkan untuk lima buah rumah dengan total bantuan Rp25.500.000. 

"Tim Baznas telah turun ke lapangan untuk melakukan pendataan dan verifikasi terhadap rumah yang bisa di bantu, dan hasilnya hanya lima unit rumah yang bisa dibantu dengan rincian satu unit rusak berat Rp7,5 juta dan empat unit rusak sedang dengan masing-masing dibantu Rp4,5 juta," katanya. 

Sebelumnya, pemerintah kabupaten melalui Dinas Sosial dan PPPA sehari setelah musibah juga menyerahkan bantuan pangan atau sembako, selimut dan peralatan dapur. 

Para penerima bantuan adalah Rosman kondisi rumah rusak berat. Kemudian rumah yang rusak sedang milik Rezky Ivoni, Syafrijal, Zamhari dan Efendi.(*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama