Delapan Tahun Dirantai, Begini Kondisi Warga Padang Pariaman Setelah Dibantu Kemensos

 Indra Anda (berbaju biru duduk di kasur) kini berangsur pulih


PADANG-Pria yang dirantai selama delapan tahun, Indra Anda (35) kini kondisinya terus membaik setelah dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) HB Saanin, Padang, Sumatera Barat, sejak Kamis (18/8/2022).


Indra Anda sebelumnnya dirantai delapan tahun, karena kerap mengamuk dan meresahkan warga Korong Tangah Padang Laring, Kenagarian III Koto Aur Malintang Utara, Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Kabupaten Padang Pariaman.

Setelah diekpose sejumlah media, Kementerian Sosial terperanjat dan merespon cepat atas kasus tersebut dengan menurunkan tim dari Jakarta untuk warga tersebut. 

"Alhamdulillah, kondisi Anda, panggilan akrab Indra Anda, terus membaik, dia malah betah tinggal di sini," ujar Rosmi ketika dijenguk media ini di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) HB Saanin, Padang, Minggu (27/8/2022).

Anda dirawat di Bangsal Mawar. Dia sendiri tinggal dalam bangsal tersebut dengan tempat tidur dan kasur yang empuk. Indra mengaku betah tinggal di sana dan kondisi yang terus membaik.

Sebelumnya dia dirantai dan diinapkan di kandang sapi karena sering mengganggu rumah warga di sekitar di Korong Tangah Padang Laring. Malah dia kerap melempar rumah warga dengan batu, sehingga pihak keluarga membuatkan keputusan dengan merantai anak dari pasangan Zainal dengan Rosmi tersebut.

Indra di kandang sapi tanpa baju maupun celana. Sebab setiap pakaian yang diberikan dirobek-robek sampai hancur, sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Setelah diekspose sejumlah media atas peristiwa menyedihkan tersebut, akhirnya mendapat tanggapan serius dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Timnya turun ke Padang Laring dengan berkoordinasi dengan Dinsos Provinsi Sumbar dan Kabupaten Padang Pariaman serta Walinagari III Koto Aur Malintang Utara. Tim Kemensos itu dipimpin Indra Gunawan.

Kemensos membawa Anda ke RSJ HB Saanin untuk dirawat. Kemensos mengaku terkejut atas kasus yang menimpa Indra Anda tersebut.

"Jika tidak ada halangan dalam waktu dekat ini, Anda sudah bisa pulang. Begitu kata dokter yang menanganinya," ujar Rosmi dengan senyum didampingi tokoh masyarakat Padang Laring, Kaswirman.

Rosmi menyebutkan, kondisi Indra Anda tinggal pemulihan, kini agak susah berjalan, karena lama dirantai kaki agak mengecil ditambah lagi kakinya pernah luka karena menghantam kaca dengan kakinya saat mengamuk.

Pada saat itu, kaki Indra Anda luka parah tertusuk kaca dan dijahit beberapa jahitan. "Antah putuih urek kakinyo antah baa, sahingga Anda agak susah jalan. Kalau pai ka WC terpaksa menggunakan alat bantu," terang Rosmi.

Rosmi mengucapkan terima kasih kepada Walinagari III Koto Aur Malintang Utara dan tim Kemensos yang telah peduli terhadap penderitaan anaknya. "Jika indak dirawat di RSJ ini, antah baa kondisi anak awak. Sebab kami sudah angkat tangan, biaya tidak ada, apalagi kondisi ekonomi kami susah," tambah Rosmi saat mengenang masa lalunya.

Rosmi menyampaikan terima kasih yang tidak terhingga kepada tim Kemensos yang turun dari Jakarta untuk menjemput Anda ke Korong Padang Laring dan berkoordinasi dengan walinagari kemudian mengantarkan ke RSJ HB Saanin. "Tolong sampaikan terima kasih kami kepada Pak Wali dan Kemensos, yo. Semoga Allah membalasnya dengan pahala yang setimpal atas kebaikan ini," tambah dia.

Apalagi Kemensos itu tidak saja membawa Anda ke rumah sakit saja, juga memberikan kebutuhan lainnya kepada keluarga Anda. Bantuan itu berupa pemenuhan kebutuhan makanan serta nutrisi, perawatan diri dan pemberdayaan usaha ekonomi produktif berupa ternak ayam bagi keluarga. 

Begitu juga ia juga mengucapkan terima kasih kepada dunsanak baik di kampung maupun di perantauan yang telah ikut peduli dan mendoakan Anda ini cepat sehat. "Kami tidak bisa sebutkan satu persatu, semoga amal kembaikan dan doanya semuanya, baik orang kampung maupun perantauan, semoga Anda ini cepat sembuh dengan kondisinya pulih sedia kalanya," tambah dia.

Anda ketika diwawancarai media ini mengaku senang tingal RSJ tersebut. "Sanang awak di siko," ujarnya. 

Kini, badan Anda lebih gemuk dan kulit mulai tacelak. Meski masih tapana-pana saat diwawancarai, tapi kondisinya sangat jauh berubah ketika dirantai dengan rentang waktu yang cukup lama. (ab)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama