Dirawat di RSJ, Pria yang Dirantai Delapan Tahun Mulai Membaik

  

Warga yang terpaksa dirantai oeh keluarganya


PADANG-Seorang warga yang ditahan selama delapan tahun, IA kondisinya mulai membaik setelah dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) HB Saanin, Padang, Sumatera Barat, sejak Kamis (18/8/2022).


Warga itu dirantai selama delapan tahun, karena kerap mengamuk dan meresahkan warga Korong Tangah Padang Laring, Kenagarian III Koto Aur Malintang Utara, Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Kabupaten Padang Pariaman.

Setelah diekpose sejumlah media, Kemensos RI merespon cepat dengan menurunkan tim dari Jakarta untuk menangani warga malang tersebut. 

"Alhamdulillah kondisi IA sekarang membaik, karena sudah lama dirantai, sehingga kakinya agak mengecil, sehingga dia agak susah berdiri," ujar Tim Kemensos RI, Indra Gunawan, Sabtu (20/8/2022).

Menurut Indra Gunawan, tim dari Kemensos RI langsung turun Korong Padang Laring menjemput IA untuk dibawa berobat ke RSJ untuk perawatan fisik dan mental dan diperkirakan sekitar 14-30 hari dirawat tergantung hasil diagnosa dokter dan psikiater. 

Menurut Indra Gunawan, selama perawatan seluruhnya ditanggung Kemensos sambil mengajukan untuk pengurusan BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan beberapa program reguler dari Kementerian Sosial. 

"Untuk kedepan kami meminta pemerintah daerah agar lebih responsif membantu warganya yang sedang terkena musibah, karena tetap peran daerah harus ada. Kami di tingkat pusat hanya sebagai pendorong," ujarnya.

Sebagai bentuk negara hadir, tim Kemensos melakukan respon cepat atas berita atau pengaduan dari masyarakat. Untuk kasus ini Kemensos tidak hanya mengevakuasi (membebaskan pasung), tetapi juga memberikan bantuan atensi.

Bantuan itu berupa pemenuhan kebutuhan permakanan serta, nutrisi, perawatan diri dan pemberdayaan usaha ekonomi produktif berupa ternak ayam bagi keluarga. 

Diharapkan ini menjadi pemicu bagi daerah agar dapat lebih memperhatikan dan perduli atas warga masyarakatnya yang sedang mengalami masalah. (ab)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama