Hipmi Payakumbuh Dorong Pelajar Jadi Pengusaha

 Foto bersama usai talkshow di SMAN 2 Payakumbuh


PAYAKUMBUH-Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Payakumbuh adakan Hipmi Goes to School di SMAN 2 Payakumbuh, Senin (29/8/2022). 


Kegiatan ini juga sesuai dengan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kurikuler berbasis projek yang dirancang menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan. 

Kepala SMA Negeri 2 Payakumbuh, Dafrimal, kegiatan tersebut terselenggara berkat kerja sama dengan Hipmi. "Pihak Hipmi menjadi narasumber talkshow dan pameran kewirausahaan UMKM. Kegiatan ini dapat memberikan wawasan dan pengalaman tentang menggali jiwa kewirausahaan," katanya.

Dafrimal menyampaikan, dengan kegiatan ini peserta didik secara mandiri dapat belajar dan bertanya lebih banyak tentang pengalaman narasumber mulai dari awal mendirikan usaha sampai sukses menjadi pengusaha muda

Acara ini diikuti hampir 500 siswa dan guru di SMAN 2. Kegiatan dipusatkan di aula sekolah itu. Acara dikemas dengan talkshow itu, menarik minat dari para siswa untuk lebih interaktif berinteraksi. 

Dengan dua narasumber yang merupakan alumni SMAN 2 Payakumbuh yang lebih dikenal dengan Ikaflas (Ikatan Alumni Kampus Flamboyan, Chairul Mufti, lulusan 2006 yang merupakan CEO ABEJA dan Dendy lulusan 2014 CEO dari Daya Cafe dan Lattera Cafe

"Melihat semangat dan antusias dari siswa, kita mendapatkan energi positif dalam acara talkshow ini dan di luar dugaan ternyata banyak pelajar yang sudah memulai usaha, tinggal dipoles sedikit lagi," kata Dendy. 

Chairul Mufti atau lebih akrab disapa Heru Abeja menyampaikan, pembentukan karakter dan mental enterpreneurship harus dilatih dari dini karena merupakan salah satu modal utama untuk menjalankan bisnis nantinya. Heru Abeja juga berpesan jangan lupakan pendidikan karena dengan tetap melanjutkan tingkat pendidikan ke jenjang perkuliahan akan sangat membantu dalam menajamkan pola pikir.

Ketua Umum Hipmi Payakumuh Dika Sacend membawa 30 pelaku UMKM yang merupakan anggota aktif Hipmi dan pameran UMKM di lokasi. Dia menyampaikan, pihaknya membawa para anggota Hipmi supaya siswa termotivasi untuk menjadi pengusaha. Hampir Rp20 juta hadiah dan voucher dibagikan dalam kegiatan ini. Hadiah diberikan sebagai langkah melatih keberanian berbicara di depan umum. (jnd)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama