Pawai Alegoris Bakal Semarakkan HUT RI di Payakumbuh

Kepala Dinas Pendidikan, Dasril



PAYAKUMBUH-Sejak dilanda pandemi Covid-19, beragam kegiatan memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia sempat vakum. Tidak ada lagi arak-arakan marching band dan karnaval siswa sekolah seperti biasa di jalan.


Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh, Dasril memastikan akan ada pawai alegoris dan karnaval kreasi sekolah. Keputusan itu diambil dalam rapat panitia HUT RI beberapa waktu lalu.

"Iven yang melibatkan asosiasi kepala sekolah Indonesia atau AKSI Payakumbuh ini akan diikuti peserta dari SD, SLTP, dan SLTA serta madrasah. Bahkan ormas yang ingin berpartisipasi dalam iven ini dapat mendaftar ke Dinas Pendidikan pada minggu pertama Agustus, sekaligus menentukan nomor loting," kata Dasril di ruangan kerjanya, Senin (1/8/2022).

Dijelaskan Dasril, pawai ini akan diikuti ribuan siswa dan berlangsung pada 18 Agustus 2022, mulai pukul 08.00, garis start di lapangan pacuan Kubu Gadang melewati jalan A Yani, dan finish di depan kantor pos Payakumbuh.

"Sekolah tengah mempersiapkan siswa untuk tampil. Penampilan kreativitas anak-anak didik ini juga akan menjadi kado untuk wali kota dua periode Riza Falepi yang akan mengakhiri pengabdiannya, jadi insan pendidikan memberikan seusatu yang menarik dan terbaik," kata Dasril.

Ditambahkannya, sekolah bebas menampilkan berapa tim dan tema mereka, apakah drumband, pawai aleforis, atau pawai kreatifitas karya siswa, semuanya masuk dalam barisan pawai nantinya setelah diloting oleh panitia.

"Satu sekolah mendapat satu nomor lot, jadi apapun yang mereka tampilkan berada dalam satu barisan sekolahnya masing-masing. Diperkirakan ada sekitar 150 sekolah yang ikut dalam kemeriahan HUT RI," ujarnya.

Ketua AKSI Payakumbuh Aizur Hedi menyampaikan, insan pendidikan sudah rindu beraktivitas di luar sekolah. Melalui iven ini kembali diberi kesempatan untuk menunjukkan kreatifitas anak didik.

"Kami merasa bersyukur dan terimakasih kepada Pemko Payakumbuh, sudah dua tahun tak ada kegiatan pawai dalam HUT RI. Alhamdulillah, kita sudah sepakat dengan Pemda dan jajaean dinas, dengan melibatkan AKSI pada kegiatan pawai pada 18 Agustus 2022," ungkapnya. (AA)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama