Presiden Berikan NIB pada Pelaku UMKM di Kabupaten Jayapura

 Presiden Joko Widodo berikan keterangan pers


JAYAPURA-Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara, Iriana Jokowi berikan nomor induk berusaha (NIB) kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah(UMKM) perseorangan di GOR Toware (HMS), Kabupaten Jayapura, Rabu (31/8/2022).


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Laksma TNI Hersan (Sekretaris Militer Presiden), Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjend TNI Teguh Muji Angkasa, Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri dan unsur forkopimda.

Presiden Joko Widodo menyampaikan, setelah di Jakarta, NIB juga diberikan di luar Jawa, yang pertama dilakukan di tanah Papua, tepatnya di Kabupaten Jayapura. 

“Produk domestik bruto (PDB) ekonomi atau perputaran ekonomi digerakkan 61 persen UMKM. Hampir 97 persen urusan pekerja ketenagakerjaan juga atas kontribusi UMKM yang berjumlah kurang lebih 64 juta. Tetapi atas penyampaian menteri investasi yang memiliki NIB dan telah didorong Kementerian investasi baru 1,8 juta, artinya yang lain belum memiliki NIB. Oleh sebab itu UMKM Jayapura beruntung telah memiliki NIB,” ucapnya.

Dikatakan Presiden Jokowi, diserahkannya NIB ini menjadi bukti bagi pelaku UMKM di Jayapura yang telah resmi menjadi pengusaha formal. “Saya pun mewanti-wanti kepada pelaku UMKM di Jayapura agar tidak menggunakan uang KUR untuk kepentingan pribadi. Misalnya membeli mobil, motor atau barang elektronik lainnya. Saya berharap uang yang dipinjam melalui KUR dapat dimanfaatkan semuanya untuk modal usaha dan investasi,” kata Joko Widodo. (farid)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama