Presiden Jokowi: Rawat dan Manfaatkan Fasilitas Olahraga

 Presiden Joko Widodo melakukan swafoto bersama anak-anak Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Rabu (31/8/2022). (BPMI Setpres/Laily Rachev)



JAYAPURA-Presiden Joko Widodo mengimbau kepada seluruh masyarakat Papua untuk menjaga, merawat dan memanfaatkan fasilitas-fasilitas olahraga yang telah dibangun untuk menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX beberapa waktu lalu. Menurut Presiden, berbagai fasilitas tersebut merupakan fasilitas berkelas internasional.


Demikian disampaikan Presiden Jokowi saat menjawab pertanyaan jurnalis usai meluncurkan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Rabu (31/8/2022).

“Ini penggunaan fasilitas-fasilitas olahraga sehabis Papua menyelenggarakan PON XX harus tetap dirawat, harus tetap dijaga. Fasilitas ini kelasnya, standarnya, standar internasional. Jadi harus dimanfaatkan, harus produktif,” ujar Presiden yang dikutip dari presidenri.go.id.

Kepala Negara menuturkan, Papua juga memiliki banyak talenta di bidang olahraga sehingga wajar jika Papua ditetapkan sebagai provinsi olahraga. Menurutnya, talenta tersebut menyebar di berbagai bidang olahraga, tidak hanya sepak bola.

“Wajar kalau kita sampaikan kalau Papua sebagai provinsi olahraga karena tidak hanya sepak bola saja, ada atletik, dayung, dan yang lainnya, semuanya ada,” imbuhnya.

Presiden Jokowi meyakini jika talenta-talenta muda mulai dibina sejak dini seperti di Papua Football Academy, maka mereka akan bisa berkembang sesuai jenjang usia, mulai dari U-14, U-16, hingga U-19. Bahkan, Kepala Negara meyakini jika mereka akan bisa berkembang hingga ke level elit sepakbola Indonesia dan dunia.

“Tapi memang harus sejak dini tanpa meninggalkan yang namanya pendidikan sekolah. Ini yang penting juga. Saya kira coach yang mendampingi juga sangat baik, fasilitas untuk olahraganya, lapangannya, sudah lebih dari cukup sehingga kita hanya menunggu hasilnya. Saya yakin ada hasilnya,” jelasnya. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama