Wali Kota Solok Hadiri Rakernas Apeksi

 Wali Kota Zul Elfian


PADANG - Pembukaan kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XV ditandai dengan penabuhan gandang tambua oleh Mendag, Zulkifli Hasan bersama Gubernur Sumbar, Mahyeldi serta Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya dan Wali Kota Padang Hendri Septa.


Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar mengikuti kegiatan tersebut selama 7-10 Agustus 2022. di Hotel Truntum Padang, Senin (8/8/2022) pagi.

Rakernas kali ini mengangkat tema "Kota Kita Bangkit, yang Maju yang Bersinergi". Event akbar ini diikuti sebanyak 98 orang Wali Kota se-Indonesia. Rakernas secara resmi dibuka oleh Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan.

Terlihat hadir di kesempatan itu unsur Forkopimda Sumbar dan Kota Padang serta unsur terkait lainnya, Ketua Komwil I-6 APEKSI, Ketua Dewan Pengawas APEKSI serta Direktur Eksekutif/Sekretaris Dewan APEKSI.

Mendag, Zulkifli Hasan mengapresiasi kekompakan asosiasi pemerintah kota dan berharap pemerintah kota mempunyai inovasi-inovasi untuk kemajuan kotanya masing-masing. 

Ia pun memesankan akan pentingnya peran pemerintah kota  saat ini untuk meningkatkan kinerja perdagangan di samping sektor penting lainnya. 

Mulai dari melakukan stabilisasi harga bahan pokok, kolaborasi pengawasan hingga optimalisasi transformasi digital dan peningkatan ekspor daerah.

"Kita harapkan melalui Rakernas APEKSI XV ini masing-masing pemerintah kota saling bersinergi dan berkolaborasi memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakatnya khususnya di sektor perdagangan. Begitu juga mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan lainnya," ungkapnya.

Mendag juga berpesan melalui  pelaksanaan Rakernas APEKSI XV, para Wali Kota se-Indonesia bisa menghasilkan kiat-kiat serta kolaborasi dan sinergi antar pemerintah kota dalam menjamin stabilitas ketersediaan bahan pokok serta harganya yang semakin terjangkau. 

"Kita juga harapkan stabilitas politik dan keamanan bangsabtetap terjaga," cetus Menteri.

Ia juga tak lupa mengucapkan selamat dan apresiasi bagi Kota Padang yang telah bertekad kuat untuk menjadi tuan rumah Rakernas APEKSI XV yang baik dan sukses.

"Terima kasih kepada bapak Wali Kota Padang dan jajaran yang telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menjadi tuan rumah Rakernas APEKSI yang baik dan sukses. Begitu juga kepada Wali Kota se-Indonesia yang hadir mengikuti Rakernas saya mengucapkan selamat mengikuti Rakernas."

"Tema Rakernas kali ini sangat tepat. Hal itu dikarenakan sesuai kondisi ekonomi saat ini pasca dihantam pandemi Covid-19 lebih kurang dua tahun," pungkas Menteri Perdagangan mengapresiasi. 

Gubernur Sumbar Mahyeldi turut mengucapkan selamat datang di Kota Padang, Sumbar kepada seluruh Wali Kota se-Indonesia peserta Rakernas APEKSI XV di Kota Padang. 

"Kita juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bima Arya selaku Ketua Dewan Pengurus APEKSI Pusat yabg telah menunjuk Kota Padang sebagai tuan rumah Rakernas APEKSI XV tahun 2022. Semoga Rakernas dan agenda lainnya yang dilakukan berjalan lancar, dan memberikan kontribusi yang terbaik untuk otonomi daerah serta kemajuan bagi bangsa dan negara yang kita cintai ini," harapnya.

Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kota Padang yang sangat serius mempersiapkan penyelenggaraan Rakernas APEKSI XV. 

"Padang sungguh luar biasa. Saya rasa termasuk kota tuan rumah penyelenggara Rakernas APEKSI XV terbaik. Hal ini patut ditiru tuan rumah Rakernas APEKSI selanjutnya," tukas Wali Kota Bogor tersebut. (SIS)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama