12 akan Klub Ikuti Liga Payakumbuh

 Rapat persiapan Liga Payakumbuh


PAYAKUMBUH-Liga Payakumbuh segera bergulir. Guna menghadapi kejuaraan itu, Asosiasi Kota PSSI setempat matangkan persiapan yang ditandai dengan rapat kerja di Dinas Pendidikan, Kamis (1/9/2022) malam. Kick off pertama akan dilaksanakan pertengahan September ini.


"Pertandingan pertama akan kita laksanakan di lapangan sepakbola Tanjuang Pauah," kata Ketua Askot PSSI, Diki Engla yang juga merupakan Camat Lamposi Tigo Nagori.

Diterangkan, untuk pertandingan selanjutnya akan dilaksanakan di beberapa lapangan sepak bola yang diusulkan masing-masing klub yang siap dan bersedia menjadi tuan rumah sampai laga terakhir.

"Nanti dari sekian banyak usulan, akan dilakukan verifikasi kesiapan dan kelayakan lapangan dan nanti akan kita pilih empat lapangan terbaik sebagai tuan rumah untuk menyelenggarakan pertandingan setiap minggunya, Sabtu dan Minggu," ucapnya.

Finalnya nanti dilaksanakan 17 Desember saat HUT Kota Payakumbuh yang ke-52 di lapangan Tanjuang Pauh. Dia menyebut, untuk tim yang akan bertanding di Liga Payakumbuh tahun ini merupakan klub yang ikut sebagai voter pada saat kongres PSSI yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

"Dalam Liga Payakumbuh, 18 klub yang akan berlaga. Tahun depannya baru kita buka untuk klub-klub bola dan ingin berpartisipasi di liga," ujarnya.

Nanti semua tim yang baru bergabung ini akan memulai debutnya di Liga 2 dulu, baru nanti posisi tiga terbaik masuk ke liga utama. Dia menjelaskan untuk teknikal meeting akan dilaksankan 5 September untuk menentukan grup bagi masing-masing tim. Pertandingan perdana akan ditentukan saat launcing Liga Payakumbuh oleh Wali Kota Payakumbuh dengan sistem lotting.

"Semoga liga ini menjadi langkah awal kebangkitan sepak bola di Payakumbuh," ucapnya.

Diki menginformasikan, pelantikan pengurus Askot PSSI Payakumbuh dilaksanakan 9 September di aula Ngalau Indah Balai Kota Payakumbuh sekaligus launcing liga. (AA)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama