307 Calon Kepala Desa Ikuti Deklarasi Pilkades Damai

 Bupati dan calon kepala desa ikuti deklarasi pilkades damai


ASAHAN-Sebanyak 307 calon kepala desa yang akan berkontestasi dalam pemilihan kepala desa serentak ikut deklarasikan pilkades damai di Asahan. Kegiatan dilaksanakan di GOR Rambate Rata Raya, Senin (5/9/2022).


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Asahan Suherman Siregar menjelaskan, desa sebagai otonomi asli punya peran strategis sehingga perlu perhatian serius. Dengan ditetapkannya calon kepala desa sekaligus undian nomor urut calon 307 kades, maka tahapan selanjutnya adalah menciptakan  iklim yang sejuk saat pilkades.

“Deklarasi damai bertujuan untuk mensukseskan pilkades sesuai peraturan perundangan. Menciptakan pemilihan kepala desa yang jujur, aman, adil dan berkualitas serta  menjaga situasi yang tertib dan kondusif. Selain itu juga dalam rangka  mensosialisasikan deklarasi pilkades damai kepada seluruh pendukung dan simpatisan calon kades masing-masing,” ungkapnya.

Deklarasi pilkades damai juga dihadiri  forkopimda, Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin, jajaran kepala OPD, camat, panitia pengawas, kades, pj kades, plh kades, ketua BPD, ketua pemilihan kades, serta calon kades. Selain mengikrarkan komitmen pilkades damai, mereka juga mendatangani bersama komitmen tersebut di kain putih yang disediakan.

Seluruh calon kepala desa yang mengikuti pemilihan bergelombang membacakan deklarasi yang dipimpin calon Kepala Desa Buntu Pane Manten Aperi Simbolon dan diikuti calon kepala desa lainnya.

Kapolres AKBP Roman Smaradhana menyampaikan harapan semoga pelaksanaan pikades serentak bergelombang di Asahan dapat berjalan aman, tertib dan damai.

Kapolres menjelaskan beberapa langkah dalam menciptakan pilkades yang aman, tertib dan damai, salah satu langkah yang diambil adalah satu desa satu TPS. Hal ini dimaksudkan memudahkan pengawasan pelaksanaan pilkades agar pelaksanaan pilkades dapat berjalan kondusif, aman dan bermartabat.

Bupati Surya mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan dan forkopimda mengucapkan selamat kepada para calon kepala desa. “Semoga senantiasa diberi kesehatan sehingga bisa mengikuti tahapan pilkades sampai selesai dengan baik,” katanya.

Bupati mengemukakan, deklarasi damai diadakan guna menyamakan persepsi dan komitmen para calon kades  guna mewujudkan pilkades yang demokratis dan bermartabat. Selain itu juga dalam rangka mewujudkan pilkades yang berintegritas, bebas kampanye hitam, hoax, isu SARA, ujaran kebencian, money politics dan sebagainya.

Bupati menambahkan, beda pilihan adalah hal biasa, namun yang terpenting adalah tidak membuat saling bermusuhan terpecah belah, konflik, tentunya kalah menang  hal yang biasa. Bupati mengimbau agar nantinya para calon kades bisa menerima dengan legowo lapang dada apapun hasil pilkades.

“Jangan sampai ada gesekan konflik. Kami ajak seluruh komponen masyarakat, stakeholder, untuk bisa bergandeng tangan dalam  mensukseskan pilkades serentak yang akan digelar 7 September 2022. "Selamat berkontestasi semoga semangat persaudaran semangat kekeluargaan bisa mewujudkan pilkades yang berintegritas, bermartabat, tertib aman dan kondusif,” pungkasnya. (YG)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama