Bayar Pajak dan Retribusi Bisa Lewat QRIS

Peluncuran teknologi digital untuk pembayaran pajak daerah dan retribusi


ASAHAN-Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Badan Pengelola Pendapatan Daerah sosialisasikan metode pembayaran QRIS (quick response code Indonesia standard) untuk pajak daerah dan retribusi, Selasa (13/9/2022).


Kegiatan yang dilaksanakan di aula Melati kantor bupati ini bekerjasama dengan kantor pusat Bank Sumut dan Bank Indonesia Pematang Siantar. Sosialisasi dihadiri Bupati Surya, sekretaris daerah dan pejabat lainnya.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Sorimuda Siregar melaporkan, tujuan kegiatan tersebut untuk mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah melalui elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD) dan implementasi metode pembayaran QRIS statis dan dinamis pada transaksi pajak daerah dan retribusi daerah secara bertahap di Pemerintah Kabupaten Asahan.

Pimpinan Divisi Dana dan Jasa PT Bank Sumut, M. Ricky Budiman mengatakan ,Bank Sumut telah melengkapi pembayaran belanja daerah dengan QRIS. "Yang kita launching ini bertujuan sebagai alternatif pembanyaran mengunakan transaksi non tunai dalam rangka salah satu impelmentasi ETPD yang bertujuan meningkatkan tranfaransi dan akuntabilitas penerimaan pajak dan retribuasi daerah sehingga diharapkan dapat mengoptimalkan penerimaan pajak dan pendapatan asli daerah," katanya.

Dia menambahkan, dengan QRIS, masyarakat dapat lebih mudah melakukan pembayaran pajak dengan layanan yang dimiliki Bank Sumut dan dapat menggunakan metode pembayaran lainnya tanpa perlu membawa uang tunai dan prosesnya lebih cepat dan mudah.

Bupati Surya mengatakan, bagi Pemerintah Kabupaten Asahan, digitalisasi daerah memiliki tantangan tersendiri, maka pelaksanaan grand launching dan sosialisasi implementasi metode pembayaran QRIS untuk pajak daerah dan retribusi daerah harus dilaksanakan, guna mendorong peningkatan pendapatan asli daerah, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah melalui Elektronifikasi ETPD, khususnya transaksi pengelolaan pembayaran pajak daerah dan retribusi daerah. 

 "Pemerintah kabupaten mendukung penuh pelaksanaan grand launching dan sosialisasi pembayaran QRIS ini, saya berharap kepada seluruh pimpinan OPD yang termuat di dalam surat keputusan TP2DD memiliki komitmin yang solid dan terarah serta terukur dalam mendorong pelaksanaan elektronifikasi transaksi," katanya.

Bupati mengatakan, untuk mendorong pelaksanaan dan perluasan elektronifikasi transaksi pajak daerah dan retribusi daerah dengan memanfaatkan berbagai kanal pelaporan dan pembayaran yang telah difasilitasi oleh PT. Bank Sumut dalam transaksi pembayaran seperti ATM, mesin EDC, SMS banking, mobile banking dan QRIS.  (YG)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama