Bupati Asahan Minta Kepedulian pada Lingkungan Ditingkatkan

 Forkopimda Asahan Peringati World Cleanup Day 


ASAHAN-Memperingati Hari Bersih-Bersih Sedunia (World Cleanup Day), Bupati Asahan bersama dengan forkopimda gotong royong membersihkan sampah di sepanjang Jalan Sutan Syarir yang dimulai dari Simpang Empat Stadion Mutiara Kisaran menuju Simpang Empat Gambir Baru Kisaran, Sabtu (17/9/2022).


Sebelum melaksanakan gotong royong tersebut, Bupati Surya membuka World Cleanup Day tingkat kabupaten yang digelar di halaman kantor Disporapar Asahan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Rahmat Hidayat Siregar menyampaikan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dari limbah yang tidak dikelola dengan baik. Selain itu, mengajak dan melibatkan seluruh masyarakat dan pemerintah, organisasi untuk turut berkontribusi dalam pengelolaan sampah. 

Dayat mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten setiap hari mengangkut sampah lebih kurang 76 ton yang ada di sembilan kecamatan di Asahan. Di Jalan Sutan Syarir sendiri yang dijadikan pusat gotong royong, Dinas Lingkungan Hidup setiap harinya mengangkut lebih kurang 13 ton yang berasal dari masyarakat sekitar jalan tersebut.

Wakapolres Kompol Sri Juliani Siregar mewakili kapolres mengatakan, Asahan menargetkan 500 relawan yang turut serta dalam kegiatan Hari Bersih Sampah Dunia  dan memungut sampah sekitar 13 ton.

Wakapolres mengajak untuk berkomitmen serta membudayakan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan juga tidak membakar sampah sembarangan, sehingga sampah tidak menjadi tempat berkembang biaknya bibit penyakit dan sember polusi, justru sampah akan menjadi mata pencaharian baru yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi serta tenaga kerja yang banyak. 

Bupati bersama pejabat lainnya menyerahkan secara simbolis alat-alat kebersihan kepada TNI, polri, lurah, bhayangkari, mahasiswa serta pelajar.

Bupati Surya mengatakan, World Cleanup Day yang dilaksanakan tersebut pertama kali dilaksanakan di Asahan dan Sumatera Utara dengan tujuan memimpin aksi gotong royong pungut sampah dan peduli lingkungan.

Bupati  mengatakan peringatan Word Cleanup Day tingkat Asahan merupakan momen penting untuk mendukung mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter. 

Bupati mengatakan, semoga peringatan World Cleanup Day ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian semua terhadap pengelolaan sampah, sehingga dapat menjadi nilai tambah dalam berkontribusi pada terwujudnya visi Kabupaten Asahan. (YG)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama