Bupati Kaimana Tantang PKK Lahirkan Pengusaha

 Foto bersama usai pembukaan Rakerda TP-PKK


KAIMANA-Bupati Freddy Thie didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Donald R. Wakum, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Ray Ratu D Come, Kepala Dinas Perindagkop UKM, Agustinus Janoma dan Kepala Dinas Sosial, Yakob Surbay hadiri Rakerda IV Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PPK) Kaimana, Rabu (21/9/2022) di gedung pertemuan Krooy.


Ketua Tim Penggerak PKK, Ernawati mengatakan, PKK di bawah kepemimpinannya memiliki komitmen untuk mendukung setiap agenda pemerintah daerah. "Kami memiliki 10 program pokok guna mendukung visi misi pemda, salah satunya, melahirkan produk UMKM lokal yang mempunyai nilai adat dan budaya daerah," ujar Ernawati Thie.

Ia mengaku, dalam mensukseskan program-program PKK, pihaknya membentuk struktur organisasi di seluruh wilayah. 

"Kami percaya, dalam mensuskses program-program kami, dibutuhkan SDM. Kami telah membentuk struktur kepengurusan tidak cuman di kota atau distrik saja tapi juga sampai ke kampung-kampung dan desa-desa di seluruh Kaimana," kata istri bupati tersebut.

Dia menambahkan, berkat upaya dan kerja keras saat ini PKK telah memiliki produk-produk binaan sendiri. "Kami telah memiliki produk binaan sendiri. Produk-produk hasil binaan ini mempunyai kualitas yang dapat bersaing di Papua Barat bahkan nasional," tambahnya.

 Bupati Freddy Thie berharap TP-PKK terus dapat berdedikasi untuk membangun UMKM di Kaimana. “Saya mendengar dalam sambutan ketua TP PKK sudah cukup lengkap. Kalau instrumen ini dapat berkolaborasi akan dapat melahirkan pelaku-pelaku UKM di setiap kampung dan distrik maka 10 program pokok TP PKK menjadi tujuan akhir maka telah menerapkan visi misi pemda,” katanya.

Dia menjelaskan, pemda saat ini memiliki program bantuan modal yang diperuntukkan untuk membantu para pelaku UMKM di Kaimana. “Pemda memiliki program berupa bantuan modal dengan total anggaran yang dialokasikan Rp2,6 miliar untuk calon penerima bantuan 418 orang. Dari total jumlah ini kami berharap 50 persen di antaranya bisa berhasil,” jelas Freddy Thie.

Dia memberikan tantangan bagi TP.PKK untuk ikut mengawal program bantuan modal yang digagasnya. "Kalau mau saya kasih challenge untuk TP-PKK dan juga organisasi perempuan lain, rekomendasikan 20 nama calon penerima bantuan dan diawasi sampai bisa berkembang. Kalau mau ayok saya kasih kesempatan, yang penting harus jadi," ajak Freddy.

Bupati ini mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada PKK yang telah membantu pemda saat ini mengelola food court taman Jokowi Iriana. (farid)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama