Diperlukan Keberpihakan Terhadap UMKM di Kota Solok

Eferiyon Coneng


KOTA SOLOK-Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)  di Kota Solok berangsur pulih seteah dihantam pandemi Covid-19. Sektor UMKM mampu menjadi tulang punggung perekonomian. Sektor itu mengapung menjadi salah satu solusi ketersediaan lapangan pekerjaan. Oleh sebab itu, diperlukan keberpihakan pemerintah dalam pemanfaatan potensi UMKM itu.


"Sejumlah hambatan yang menghadang UMKM segera diatasi agar pertumbuhan ekonomi bisa terealisasikan," ungkap Wakil Ketua DPRD Kota Solok, Eferiyon Coneng, Kamis (1/9/2022) di ruang kerjanya.

Menurut  Eferiyon Coneng, hantaman pandemi Covid-19 yang meluluh lantakan perekonomian secara global, membuat para pekerja di sektor formal banting stir ke sektor UMKM.

Fenomena itu harus dimanfaatkan dengan berbagai upaya  untuk memberikan penguatan kepada para pelaku UMKM, dengan harapan, usaha yang dilakukan bisa berkembang dan berkelanjutan. Dalam hal itu, pemerintah sebagai pelaksana pembangunan masyarakat, harus mampu mengintervensi dan berinovasi untuk menyingkirkan hambatan yang terjadi.

Dalam menumbuhkan kembangkan UMKM sebagai langkah awal membangkitkan perekonomian, perlu dilakukan peningkatan produktifitas melalui peningkatan sumber daya manusia (SDM), serta, harus diiringi dengan transfer permodalan yang memadai dari pemerintahan daerah.

Pemberdayaan UMKM merupakan salah satu komitmen pemerintah secara menyeluruh, dan tinggi atau rendahnya sektor UMKM dalam menupang perekonomian,  dipandang dari reaksi pemerintah dalam memperkuat daya ungkit UMKM agar kembali lebih kuat dan berdaya tahan.

Sesuai dengan UU 1945 pasal 33 Ayat 4 mengaskan bahwa, UMKM  merupakan bagian dari perekonomian yang berwawasan kemandirian dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta UMKM memiliki peran  yang siknifikan terhadap pertumbuhan ekonomi negara.

Dalam pasal itu juga mengamanatkan agar pemerintah membangkitkan ekonomi rakyat, yang merupakan sistim untuk mewujudkan kedaulatan masyarakat dibidang ekonomi. Oleh karena itu,  diharapkan, pemerintah daerah kota Solok mampu mengubah Krisis global Pandemi Covid-19 menjadi titik balik untuk perwujudan peningkatan ekonomi masyarakat, imbuh wakil ketua DPRD tersebut.

Eferiyon Coneng mengatakan,  saat ini UMKM merupakan usaha ekonomi produktif yang menjadi sandaran hidup sebagian masyarakat kota Solok, dan seharusnya pemerintah terus berupaya agar UMKM dapat bertahan dan berkelanjutan diberbagai situasi, antara lain dengan memberikan fasilitas permodalan, hingga pemasaran produk produk UMKM.

"Lapangan kerja yang diciptakan masyarakat harus mendapat respon positif, karena keberhasilan yang diharapkan, tidak akan terlepas dari sinergi dan Kalaborasi antara , Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif, serta dengan seluruh komponen yang ada dalam daerah " tegas Efriyon Coneng. (SIS)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama