Hanyut 2016, Jembatan Tapian Kelambu Kembali Dibangun

 Jembatan yang dulunya hanyut, kini dibangun lagi


BATUSANGKAR-Masyarakat Jorong Baringin Sakti, Nagari Taluak, Kecamatan Lintau Buo bersyukur dengan dibangunnya kembali jembatan yang hanyut pada 2016. Jembata itu penghubung antara Jorong Baringin Sakti Nagari Taluak menuju Jorong Gunuang Saribu, Nagari Tigo Jangko. Jembatan dibangun Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. 


Bupati Eka Putra saat meninjau langsung proses pembangunan kembali jembatan sepanjang 68 meter bentang dengan lebar 2,4 meter itu mengatakan, jembatan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat, sangat vital dan sudah lama diidam-idamkan masyarakat setempat. 

“Alhamdulillah saat ini sudah dimulai pembangunan kembali jembatan Tapian Kelambu yang hanyut akibat tingginya arus Batang Sinamar pada 2016, lama masyarakat menantikan, saat ini penantian itu berbuah dengan telah dimulainya kembali pembangunan tersebut,” ucap Eka Putra, Sabtu (10/9/2022) di Jorong Baringin Sakti Nagari Taluak. 

“Jembatan ini dibangun lebih tinggi dari permukaan air saat banjir lebih kurang 160 cm dengan kekuatan beban kendaran yang melewati lebih kurang 5 ton atau kapasitas mobil penumpang dan selesai ditargetkan November mendatang,” ucapnya yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar.

Dikatakan Eka Putra, dengan selesainya jembatan ini akan mempersingkat jalan sejauh enam kilometer, juga akan menghemat biaya angkut berbagai hasil perkebunan dari nagari yang dilalui jembatan yang membentang di atas Batang Sinamar tersebut. 

“Struktur bangunan berbeda dangan yang sebelumnya walau jenisnya sama jembatan gantung, namun yang dibangun sekarang bisa dilalui kendaraan roda empat, sementara sebelumnya hanya bisa dilalui kendaraan roda dua,” ujarnya. 

Jondra P Chaniago, warga Jorong Baringin Sakti ungkapkan syukur dan sampaikan ucapan terima kasih. "Kami atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati Eka Putra yang telah merealisasikan janjinya membangun kembali jembatan ini, sehingga akan mempermudah jalur transportasi masyarakat Talago Bujua dan masyarakat Koto Panjang serta Tanjuang Bonai Aua,” ucapnya. (*) 


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama