Kantor Loka POM Dibangun di Payakumbuh

 Peletakan batu pertama pembangunan kantor Loka POM di Payakumbuh



PAYAKUMBUH-Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) wilayah kerja  Payakumbuh, Bukittinggi, Limapuluh Kota dan Agam bakal punya kantor baru di kawasan perkantoran Padang Kaduduak, Kecamatan Payakumbuh Utara.


Hal itu ditandai dengan dimulainya pembangunan. Peletakan batu pertama dilakukan Kepala Badan POM Penny K. Lukito bersama staf khusus Menteri PUPR Bidang SDA Firdaus Ali dan Wakil Wali Erwin Yunaz.

Kegiatan itu juga dihadiri pejabat BPOM, Asisten Setdako Payakumbuh, kepala OPD serta undangan lainnya.

Wakil wali kota senang dengan berdirinya kantor Loka POM di Payakumbuh. Sebab Payakumbuh merupakan sentra makanan ringannya Sumatera Barat. "Saya mengucapkan terimakasih kepada BPOM RI karena telah memutuskan pembangunan kantor baru di sini," katanya.

"Kita juga menginginkan keamanan pangan di Payakumbuh bisa terjaga, karena mayoritas pelaku UMKM kita itu di sektor makanan ringan. Produk yang dipasarkan nantinya lolos uji edar. Serta tidak ada masyarakat kita yang sakit oleh makanan yang tidak berizin ini," terangnya.

Wakil wali kota  mengharapkan BPOM terus memberikan pendampingan kepada pelaku UKM di Payakumbuh. Karena izin edar suatu produk sangat diperlukan. Jangan sampai tersangkut masalah hukum gara-gara tidak memiliki izin edar.

"Kebanyakan produk makanan ringan yang beredar di Sumbar berasal dari Payakumbuh. Kita ingin semua produk ini memiliki izin dan aman untuk di konsumsi. Dan kita tidak menginginkan nanti sampai terjerat masalah hukum. Maka dari itu saya sangat mengharapkan pendampingan dari BPOM untuk pelaku UMKM," ujarnya.

Kepala BPOM Penny K. Lukito mengucapkan terimakasih atas hibah tanah dari Pemko Payakumbuh untuk membangun kantor Loka POM yang lebih representatif. "Alhamdulillah, kita mendapat hibah dari Payakumbuh seluas 4.125 meter persegi, dan pembangunanya akan segera kita mulai," katanya.

Dia juga menyebut kantor baru Loka POM tersebut diperkirakan akan selesai dalam dua tahun kedepan dengan total anggaran pembangunan lebih kurang Rp32 miliar. 

"Nanti di sini fasilitasnya akan lengkap semuanya, ada juga laboratorium. Mengingat wilayah Loka POM Payakumbuh sangat luas, maka untuk naik status menjadi Balai POM sangat mungkin untuk segera dilakukan," ucapnya. (AA) 


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama