Kegalauan Pelaku UMKM di Kaimana Terjawab, Pusat Wisata Kuliner Siap Diluncurkan


Pertemuan pemkab dengan pelaku UMKM


KAIMANA-Terjawab sudah kegalauan dari para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang April lalu harus merelakkan usaha mereka dibongkar akibat kebijakan penertiban kawasan hijau di sepanjang Pantai Bantemi Kaimana.

Komitmen Pemerintah Kabupaten Kaimana untuk menyediakan tempat baru bagi para pelaku UMKM kini tinggal menghitung hari dan segera diadakanya grand opening wisata kuliner.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Agustinus Janoma pada penandatangan memorandum of understanding (MoU) antara pemda, Bank BRI, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan pelaku UMKM, Selasa (13/9/2022) di ruang rapat kantor bupati.

"Ini hari yang bahagia untuk kita semua. Artinya komitmen pemerintah untuk memberikan tempat yang baru untuk Bapa Mama dorang tinggal hitung hari menuju grand opening atau sudah bisa berjualan kembali," kata Agus.

Ia menambahkan, selain sebagai tempat baru bagi pelaku UMKM yang terdampak penggusuran, pusat wisata kuliner juga akan meninhkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Sesuai dengan visi misi daerah, yaitu peningkatan ekonomi masyarakat, pembangunan pusat wisata kuliner ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," lanjutnya.

Dia mengaku, pihaknya akan berkomitmen memberikan pelatihan bagi para pelaku UMM yang berjualan di pusat wisata kuliner tersebut.  "kami dari dinas selalu berkoordinasi dengan teman-teman dari GOW dan BRI cabang Fakfak untuk membangkitkan semangat berusaha para pelaku usaha maka kami akan memberikan pelatihan secara bertahap kepada Bapa Mama dorang".  Tambah Kadis Perindakop

Hal sama dikatakan GOW pengelola pusat wisata kuliner, GOW akan terus berkoordinasi serta mengawal para pelaku UMKM secara maksimal nantinya. "Kami akan memberikan kesempatan kepada  para pedagang di pusat wisata kuliner ini untuk mengikuti pelatihan yang sudah kami rencanakan dan akan menyediakan listrik, air dan menjamin keamanan serta kebersihan di lingkungan pusat wisata kuliner tersebut," kata salah satu anggota GOW.

Amri, salah satu calon pelaku UMKM yang hadir menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiai kepada Pemkab Kaimana. "Saya atas nama pedagang di pusat wisata kuliner Kaimana ini ingin mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah karna telah menyediakan tempat bagi kami dan saya harap agar pemerintah daerah tetap bisa menjaga poin-poin yang telah kita sepakati bersama," ujarnya.

Pemkab Kaimana, GOW dan para pelaku UMKM bersepakat untuk mengisi barang usaha di pusat wisata kuliner 15-17 September serta akan diadakannyan grand opening pada 24 September Mendatang. (farid)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama