Kontribusi Departemen Ilmu Politik Unand Selalu Dinanti

 Para narasumber talkshow dalam rangkaian Lustrum Departemen Ilmu Politik Unand 


PADANG-Departemen Ilmu Politik Universitas Andalas memperingati hari ulang tahun ke-25 pada 7 Agustus lalu. Peringatan HUT itu diisi dengan berbagai rangkaian, salah satunya  talkshow yang diadakan, Kamis (1/9/2022). 


Talkshow diadakan di auditorium Universitas Andalas, kampus Limau Manis, Padang. Talkshow itu mengusung tema strategi peningkatan partisipasi politik generasi milenial di Indonesia era revolusi industri 4.0. Pembicara yang hadir, Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran, anggota DPRD Sumatera Barat Muhammad Ridwan dan dosen UIN Bukittinggi yang juga dan Ketua IKA IP Unand, Hardi Putra Wirman.

Ketiga pembicara menekankan pentingnya partisipasi generasi milenial dalam dunia politik di tingkat lokal dan nasional. Generasi milenial merupakan generasi yang berpikiran terbuka, kritis, rasional dan terbuka terhadap perubahan. 

Generasi milenial memiliki peran penting dalam menginisiasi maupun mendorong terjadinya perubahan untuk perbaikan dan kemajuan bangsa. 

Narasumber mengakui, pendidikan politik untuk generasi milenial perlu lebih digiatkan dengan cara-cara yang inovatif dan kreatif untuk menarik ketertarikan generasi milenial ke dunia politik. 

Pada Lustrum V Departemen Ilmu Politik ini turut hadir Sekretaris Universitas Andalas, Henmaidi, Dekan FISIP Unand, Dr. Azwar, beserta jajaran, Ketua Departemen  dan para dosen di lingkungan FISIP serta sivitas akademika Departemen Ilmu Politik Unand. 

Henmaidi mewakili Rektor Universitas Andalas menyampaikan, Departemen Ilmu Politik untuk terus memberikan kontribusi demi kemajuan dan pembangunan bangsa serta penguatan pendidikan politik untuk menghadirkan politik Indonesia yang lebih berintegritas. 

Dekan Azwar menyampaikan harapan agar Departemen Ilmu Politik dapat terus memberikan kontribusi nyata terhadap kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan maupun pembangunan politik di Indonesia, khususnya Sumatera Barat. 

Doktor Azwar berpesan, talkshow yang bersempena dengan Lustrum V Departemen Ilmu Politik ini dapat menjadi sarana yang mengugah wawasan dan kesadaran politik generasi milenial untuk ikut berpartisipasi aktif khususnya dalam memberikan hak pilihnya di Pemilu 2024 mendatang. 

Selain talkshow, Departemen Ilmu Politik juga menggelar aksi donor darah yang bekerja sama dengan PMI Padang yang mengumpulkan 40 kantong darah.

Departemen Ilmu Politik Unand resmi berdiri pada 7 Agustus 1997. Sampai saat ini, DIP sudah menghasilkan 1.004 alumni yang tersebar di berbagai lembaga, baik pemerintahan maupun swasta, partai politik, maupun organisasi masyarakat sipil. DIP memiliki tiga program studi, Ilmu Politik (S1), Magister Ilmu Politik (S2) dan Studi Kebijakan (S3). (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama