Meriahkan HUT TNI, Koramil Enarotali Adakan Lomba Tari

Foto bersama setelah pembukaan


PANIAI-Memeriahkan HUT TNI ke-77, Koramil 1703-01/Enarotali adakan lomba tarian Yosim Pancar (Yospan) se-Kabupaten Paniai. Lomba dibuka Komandan Kodim 1703/Deiyai Letkol Inf I Wayan Dedi Suryanto di lapangan Karel Gobai, Kampung Awabutu, Distrik Paniai Timur, Senin (19/9/2022).

Sebanyak 21 peserta atau tim dari aneka grup tari ikut dalam lomba tersebut. Komandan I Wayan Dedi Suryanto mengatakan, semua tim menampilkan yang terbaik, menari bersuka cita karena Yospan ini merupakan salah satu budaya, tradisi kearifan lokal di tanah Papua. Yospan sudah mulai populer di 1960-an. Yospan merupakan perpaduan antara tari Yosi dan tari panca kalau dilihat dari sejarahnya ini timbul pertama kali berasal dari Biak. 

Danramil 1703-01/Enarotali Mayor Cba (k) Marina Rumawak menyampaikan, lomba Yospan dilaksanakan dalam menyemarakkan HUT TNI yang ke-77. "Mari kita lestarikan budaya Yosim Pancar sebagai kekayaan budaya yang sangat berharga untuk generasi Papua ke depan," ajak Danramil.

Marina Rumawak mengatakan,  lomba diadakan agar kaum muda-mudi dan seluruh masyarakat di Paniai dapat mengambil peran sebagai bangsa yang menghargai adat dan budaya. (farid)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama