Pemprov Sumbar Kembali Adakan Car Free Day

 Sosialisasi pelaksanaan car free day


PADANG-Setelah dua tahun lebih ditiadakan sejak pandemi Covid-19 merebak, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memutuskan memulai kembali kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) yang dimulai 11 September.


Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Dedy Diantolani dalam sosialisasi hari bebas kendaraan bermotor Jalan Jenderal Sudirman - Rasuna Said. Sosialisasi diadakan di aula kantor gubernur, Kamis (1/9/2022).

Dengan tema 'ayo berolahraga' CFD kali ini menurut Dedy, akan dilakukan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan Rasuna Said, Padang. Berbeda dengan CFD sebelumnya yang digelar di sepanjang Jalan Khatib Sulaiman. CFD yang digelar dari pukul 06.00 hingga 10.00 juga akan dimeriahkan stand-stand UMKM.

Selain itu, juga akan ada penampilan budaya dan atraksi lainnya seperti atraksi silat, randai, musik, karate, dan hiburan lainnya.

“Jadi jalan Jenderal Sudirman-Rasuna Said akan dijadikan ikon CFD Sumbar dengan mengundang berbagai komunitas, cabang olahraga, toko UMKM untuk ikut serta sehingga akan lebih ramai,” ujar Dedy.

Kemudian untuk pengaturan kondisi lalu lintas, Dedy mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dishub Padang, dan pihak kepolisian. Bahkan dikatakannya pihaknya sudah melakukan survei terkait kepadatan dan lalu lintas Jalan Jenderal Sudirman - Rasuna Said seperti menjadikan tempat parkir di GOR Haji Agus Salim.

"Kawasan GOR Haji Agus Salim akan dijadikan tempat parkir. Tapi trotoar, badan jalan tidak boleh untuk berdagang, stand UMKM nantinya akan ditempatkan di area istana gubernur dan kantor gubernur,” tambah Dedy.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Rasyidi Sumetry, mengatakan kegiatan CFD ini nantinya bukan hanya diisi dengan aktivitas olahraga, tapi juga dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan, coaching klinik, acara kesenian, pesta rakyat dan lain-lain.

Ketua PHRI Sumbar, Rina Pangeran juga mendukung jalannya CFD. Menurutnya penggunaan Jalan Jenderal Sudirman dan Rasuna Said merupakan hal yang tepat karena di sepanjang jalan tersebut tidak ada hotel sehingga kegiatan CFD setiap minggu nantinya tidak akan menganggu lalu lintas tamu-tamu hotel. (Diskominfotik Sumbar)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama