Pendukung Gubernur Papua Demo, Jayapura Kondusif

Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal 


JAYAPURA-Demonstrasi dilakukan oleh kelompok massa yang mengatasnamankan Koalisi Rakyat Papua (KRP) Save Lukas Enembe di Jayapura, Selasa (20/9/2022). Aksi berlangsung kondusif. Personel gabungan TNI dan polri amankan jalannya aksi tersebut.


Demonstrasi dilakukan menyusul ditetapkannya Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan kasus gratifikasi.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal di Jayapura mengatakan, jalannya aksi demo yang dilakukan massa pendukung Gubernur Papua. “Situasi aman dan kondusif. Masyarakat tidak perlu khawatir karena aparat keamanan sudah mengantisipasi dan berjaga di setiap titik-titik berkumpulnya massa,” kata Kamal.

Kamal menyampaikan, personel gabungan mengawal aksi tersebut guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diingikan. Massa yang melakukan aksi juga tidak diizinkan melakukan long march.

Kamal menjelaskan, ratusan warga ini datang dari beberapa titik, di antaranya Kabupaten Jayapura, Expo Waena, Abepura, Angkasa dan daerah Yapis. Massa sempat ingin melakukan long march ke Taman Imbi Kota Jayapura, namun disekat aparat kepolisian.

Massa menyampaikan aspirasi di Taman Imbi, Jayapura. Demo diperkirakan diikuti 500 orang. “Massa menyerahkan aspirasi secara tertulis ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua yang diterima Wakil Ketua I DPR Papua, Yunus Wonda di Taman Imbi Kota Jayapura,” ungkapnya.

 Usai menyampaikan aspirasi, massa kemudian membubarkan diri. Polisi, kata Kamal, berharap masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan menyebarkan berita yang belum tentu benar atau hoaks.

"Mari kita cermati berita atau informasi yang beredar di media sosial dan jangan menjadi penyebar berita yang belum tentu benar atau hoaks dan bersama-sama menjaga situasi tetap aman,” katanya. (farid)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama