Beri Kuliah Umum di Unand, Wali Kota Solok Paparkan Sejumlah Program

 Zul Elfian beri kuliah umum


KOTA SOLOK-Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar beri kuliah umum di Universitas Andalas, Senin (10/10/2022). Dia memaparkan sejumlah keberhasilan pemerintah kota dalam pembangunan maupun keberpihakan pemerintah pada masyarakat.

Kuliah umum diadakan di Convention Hall kampus Limau Manis Padang. Kuliah umum itu dihadiri Rektor Prof. Yuliandri, Ketua LPPM Unand Dr. Ing Uyung Gatot S Dinata, Ketua STP Unand Eka Candra Lina dan sejumlah kepala OPD di Pemko Solok.

Zul Elfian memaparkan program Gerakan Seribu Koin Untuk Saudara Ku Yang Kurang Mampu (Gebuk Sakuku) menjadi salah satu program unggulan untuk pengentasan kemiskinan di Kota Solok.

Dikatakan wali kota, Gebuk Sakuku merupakan sebuah program yang dikelola Komite Pelaksana Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (KP3K) yang ada di 13 kelurahan. Dalam pelaksanaannya, setiap masyarakat diimbau menyisihkan uang koin minimal Rp1.000 dan dikumpulkan anggota komite yang ditunjuk.

Menurut wali kota, rata-rata setiap bulannya masing-masing kelurahan dapat mengumpulkan Rp5 juta dan digunakan sebagai dana taktis dan diserahkan kepada penerima manfaat berupa dana tunai, sebagai modal usaha atau untuk modal produksi lainnya.

”Gebuk Sakuku dilaksanakan dengan cara menitipkan celengan kepada donatur atau di tempat tertentu seperti toko, rumah makan dan tempat lainnya, setiap bulan isi celengan dikumpulkan KP3K dan isi celengan yang terhimpun diberikan kepada penerima manfaat, ” kata Zul Elfian.

Zul Efian menyampaikan, Kota Solok terdiri atas dua kecamatan dan 13 kelurahan yang dihuni 76.959 penduduk. Penduduk usia produktif bekerja pada sektor perdagangan 41 persen, sektor jasa 30 persen dan pertanian enam persen.

Wali kota mengatakan, program Gebuk Sakuku didukung program Pengumpulan Beras Untuk Saudara Ku Yang Kurang Mampu (Peras Sakuku), Lembaga Keuangan Dirumah Ibadah (Lemkadiri), Pembiayaan Masyarakat Terjerat Bunga Tinggi (Pekat Terbunting), Satgas Anti Rentenir, Sedekah Subuh dan Baznas kota Solok. (SIS/ZK)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama