Peringatan Sumpah Pemuda di Kemendagri Berjalan Khidmat

 Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro


JAKARTA-Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di halaman kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (28/10/2022). Dengan mengenakan batik Korpri, aparatur sipil negara lingkup Kemendagri mengikuti upacara dengan khidmat. 

Selaku Inspektur Upacara, Suhajar membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini adalah bersatu bangun bangsa. 

Dalam tema itu, terkandung pesan, bersatu padu adalah harga mati, yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan. Dengan ketangguhan itu akan terwujud kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Hal ini sekaligus menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks saat ini dan masa mendatang. 

"Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa. Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil, dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah," katanya. 

Suhajar menambahkan, peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk dapat direnungkan kembali dan diambil pelajaran dari peristiwa tersebut. Dengan cara itu, akan ditemukan kristalisasi pembelajaran yang baik sebagai teladan dan inspirasi dalam menggerakkan langkah menuju visi untuk menjadi bangsa yang besar. 

"Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras, dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan," ujarnya. (nanda)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama