50 Peserta Ikuti Pelatihan Manajemen BUMDesa di Singingi

 Peserta ikuti pelatihan


KUANSING-Guna meningkatkan kompetensi pengelola badan usaha milik desa (BUMDesa), badan kerja sama antar desa (BKAD) laksanakan pelatihan peningkatan kapasitas manajemen BUMDesa se-Kecamatan Singingi.

Pelatihan diadakan di gedung serbaguna Kecamatan Singingi (Muara Lembu) dibuka langsung Camat Singingi, Deflides Gusni yang dihadiri oleh Pelaksana Tugas Bupati Kuansing, Suhardiman Amby, anggota DPRD Fedrios Gusni, BPKP Riau, Dinas PMD Riau, Dinsos PMD Kuansing, Inspektorat, tenaga pendamping dan pengurus BUMDes  serta ketua forum kades, Jumat (11/11/2022).

Deflides Gusni mengatakan, sebagai lembaga ekonomi desa, BUMDesa harus mampu memaksimalkan potensi masyarakat desa dan sumber daya alam yang berdampak positif terhadap ekonomi.

Deflides Gusni berharap keberadaan BUMDesa mencari keuntungan juga memberi manfaat untuk masyarakat. “Kami berharap keberadaan BUMDesa selain menjadikan masyarakat sejahtera secara ekonomi, BUMDesa juga memberikan manfaat untuk masyarakat setempat,” katanya.

Dijelaskan Deflides Gusni, pelatihan dan pemberdayaan tersebut menganggarkan melalui dana ke APBDES, secara aturan harus dilaksanakan BKAD. Di Kecamatan Singingi, BKAD sudah berdiri sejak tahun yang lalu. BKAD itu adalah hasil kesepakatan dari kepala Desa juga BPD dan siapa ditugaskan menjadi ketua, sekretaris dan bendahara.

Ketua BKAD ke Kecamatan Singingi adalah Daryanto. Ada dua kegiatan yang tahun ini yang dilaksanakan BKAD. Pertama, pelatihan kewirausahaan bagi pemuda-pemudi itu sudah dilaksanakan di Desa Logas.

"Yang kedua, pelatihan peningkatan kapasitas manajemen BUMDesa se-Kecamatan Singingi," ucap Camat Singingi.

Ketua BKAD Daryanto berharap dengan adanya pelatihan ini mampu menambah wawasan pengelola BUMDesa se-Kecamatan Singingi.

Pelatihan selama tiga hari, Kamis-Sabtu yang diikuti 50 peserta yang terdiri dari direktur, sekretaris, bendahara dan kepala unit usaha BUMDesa se-Kecamatan Singingi.(Ridho Magribi)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama