Buka MTQ Korpri di Padang, Mendagri Minta ASN Jangan Bergaya Hidup Mewah

 

Mendagri Tito Karnavian buka MTQ VI Korpri tingkat nasional 



PADANG-Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian buka  MTQ VI Korpri tingkat nasional di Padang, Senin (7/11/2022) malam. Mendagri mewakili Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Membacakan amanat wakil presiden, Mendagri Tito Karnavian menyampaikan, MTQ akan memperkuat keislaman dan keimanan. Diharapkan, ASN dengan jumlah mencapai 4 juta lebih akan menjadi lebih berintegritas dalam kerangka mewujudkan pemerintahan yang bersih.

Mendagri mengajak segenap ASN meningkatkan kualitas syukur, tidak bergaya hidup mewah dan meningkatkan integritas. "Terima kasih Sumatera Barat telah menjadi tuan rumah yang luar biasa. MTQ ini membangkitkan ekonomi Sumatera Barat. Penerbangan dan hotel ke Padang penuh. Jadi ekonomi bangkit, pahala juga dapat," kata Tito Karnavian.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug mendagri dan Gubernur Sumbar, serentak dengan pemukulan gandang tambua oleh Wakil Gubernur Sumbar bersama dengan pejabat lainnya.

Gubernur Mahyeldi menyampaikan, pelaksanaan MTQ Korpri mempunyai nilai strategis dalam rangka pembangunan SDM unggul dan meningkatkan kinerja ASN karena mengajak ASN yang beragama Islam untuk lebih dekat dengan Alquran. 

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah mempersiapkan venue yang terbaik dan saling berdekatan secara jarak untuk mempermudah mobilisasi peserta dan pendamping. Khusus untuk pembukaannya secara khusus diminta gubernur untuk diadakan di Istana Gubernuran agar tempat tersebut memperoleh keberkahan dan kemuliaan dari lantunan ayat Alquran.

Gubernur berharap, penyelenggaraan MTQ VI Korpri ini juga menjadi moment bagi pemerintah provinsi untuk lebih memperkenalkan pesona wisata alam dan budaya, kuliner, serta membawa pulang oleh-oleh cinderamata khas Sumatera Barat.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Korpri, Zudan Arif Fakrulah mengatakan MTQ yang mempertandingkan sembilan cabang yang terdiri atas 26 golongan (14 pria dan 12 wanita) ini diikuti lebih 1.500 peserta, dewan juri, dewan pengawas serta ofisial perwakilan provinsi se-Indonesia, termasuk perwakilan kementerian dan lembaga.

"Ini adalah rekor yang terbesar. Dewan Pengurus Korpri Nasional memilih Sumbar, karena Sumbar memiliki branding yang sangat kuat dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa. Jika ke Sumbar akan selalu mengingatkan kita tokoh-tokoh pejuang, pemikir dan pendiri bangsa. Kami ingin semangat ini diwarisi oleh para ASN," ujar Zudan.

Sekdaprov Hansastri selaku ketua panitia MTQ Korpri menyampaikan, perlombaan akan digelar di delapan venue.  (nanda)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama