Lazismu Payakumbuh Kembali Salurkan Beasiswa

Penyerahan beasiswa pada pelajar


PAYAKUMBUH-Penjabat Wali Kota Rida Ananda menyampaikan apresiasi kepada Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Payakumbuh yang kembali menyalurkan bantuan pendidikan beasiswa mahasiswa Sang Surya kepada masyarakat.

Sebanyak 190 pelajar dari keluarga kurang mampu menerima bantuan dan kegiatan dipusatkan di Masjid Ansharullah Muhammadiyah, Minggu (6/11/2022). Penyerahan beasiswa dihadiri Ketua Lazismu Payakumbuh, Amri Alza, pimpinan Muhammadiyah Sumbar diwakili Marizal Afdhal dan pengurus lainnya.

"Barakallah, kami sangat mengapresiasi perhatian dan kepedulian Lazismu untuk kota ini. Terimakasih kepada pengurus Lazismu Payakumbuh karena telah membantu meringankan beban masyarakat yang tak mampu dan secara tidak langsung Lazismu juga telah membantu pemerintah, karena tidak semua bisa diakomodir oleh dana pemerintah," kata Rida.

Rida berpesan kepada mahasiswa penerima beasiswa agar terus bekerja keras, disiplin, dan berbuat baik kepada semua orang. 

"Ketika telah dibantu oleh Lazismu, maka kita harus berubah, baik itu perilakunya dan yang lainnya. Kita menerima manfaat tahun depan kita yang memberi manfaat. Untuk itu sungguh-sungguh dan tekadkan yang kuat harus dimiliki," ungkap Rida.

Amril Alza memaparkan, Lazismu menyalurkan bantuan untuk bidang pendidikan dengan bantuan beasiswa dari SLTP hingga perguruan tinggi, untuk membantu meningkatkan kesejahteraan umat. Lalu di bidang ekonomi ada bantuan modal dan peralatan usaha seperti gerobak, becak, mesin jahit dan lain-lain. Di bidang sosial ada bantuan biaya hidup, biaya berobat, bantuan kebakaran/rehab rumah, gharimin, dan lain-lain. 

Di bidang keagamaan dan dakwah ada bantuan untuk mualaf, musafir, santunan yatim, dan fisabillah lainnya. Ada bantuan untuk bencana alam, pengungsian dan lainnya. "Penyaluran ini bagi 190 orang pelajar dengan total Rp190 juta," kata Amril.

Ditambahkannya, penyaluran dari Januari hingga Oktober 2022 adalah Rp678.245.500. Dengan jumlah penyaluran 2022 untuk bidang Pendidikan (beasiswa 432 orang Rp305.300.000).

Bidang Ekonomi (Gerobak/Peralatan/Modal Usaha) 19 orang Rp47.700.000, Bidang Sosial (Berobat, biaya hidup, gharimin dll) 13 orang Rp 8.000.000, Bidang Keagamaan/Dakwah (Muallaf, Musafir, Fisabillah) 2198 orang Rp382.645.500, Bidang Kemanusiaan (Bantuan Bencana) 17 kali Rp 124.600.000.

"Jumlah penyaluran sampai 6 November 2022 sebanyak 2679 mustahik dengan total anggaran Rp868.245.500," jelasnya.

Amril menyebut faktor ekonomi keluarga yang tidak memungkinkan untuk membiayai pendidikan anak membuat Lazismu berupaya membantu pemerintah dalam bidang pendidikan, yakni dengan program beasiswa bagi siswa-siswi yang tidak mampu ini.

"Kami, atas nama pengurus Lazismu Payakumbuh mengucapkan terima kasih banyak kepada para muzaki  yang telah mempercayakan dan memberikan amanahnya kepada Lazismu untuk menyalurkan zakat, infaq dan shadaqahnya," imbuhnya.

Mewakili Pimpinan Muhammadiyah Sumbar, Marizal Afdhal menyebut bantuan ini adalah suatu anugerah bagi Payakumbuh, Muhammadiyah dan Lazismu turut memberikan kontribusi kepada masyarakat. (AA)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama