Mendagri Resmikan Tiga Provinsi Baru di Papua

 Mendagri Tito Karnavian


JAKARTA-Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian meresmikan tiga daerah otonom baru (DOB) Papua. Ketiga provinsi baru itu,Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan. 

Peresmian yang dilakukan atas nama Presiden Joko Widodo itu dilakukan di Plaza Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022).

"Bismillahirrahmanirrahim. Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini, Jumat 11 November 2022 di Jakarta, saya Mendagri dengan ini meresmikan Provinsi Papua Selatan berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2022, Provinsi Papua Tengah berdasarkan UU Nomor 15 Tahun 2022, Provinsi Papua Pegunungan berdasarkan UU Nomor 16 tahun 2022. Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridhai dan memberikan berkat pada kita semua," ucap Mendagri.

Peresmian ketiga DOB tersebut dilakukan setelah melalui proses yang panjang, mulai dari penyampaian aspirasi masyarakat Papua, hingga proses legislasi di DPR. Peresmian ketiga DOB itu juga merupakan puncak dari perjuangan dalam upaya pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Ini tanggalnya bagus, saya diingatkan Pak Wamen, Jumat ini hari baik, 11-11-2022, kita punya provinsi baru," ujar Tito Karnavian.

Peresmian juga ditandai dengan penabuhan tifa dan penandatanganan prasasti tiga DOB Papua oleh Mendagri Tito Karnavian. 

Setelah meresmikan tiga DOB di Papua, acara kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Penjabat Gubernur yang akan memimpin jalannya pemerintahan di ketiga DOB. Penjabat Gubernur tersebut akan memimpin tiga DOB hingga terpilihnya kepala daerah definitif hasil pilkada pada 2024. (nanda)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama