Payakumbuh Festive Run Bakal Digelar di Batang Agam

 Jumpa pers pelaksanaan Payakumbuh Festive Run 


PAYAKUMBUH-Pemerintah menyambut baik iven Payakumbuh Festive Run 2022 yang digelar pada 18 Desember mendatang. Kegiatan itu bertepatan dengan momentum HUT Payakumbuh.

Iven yang merupakan kolaborasi komunitas lari bersama Pertamina itu merupakan iven lari pertama di Payakumbuh bertema festival dengan memadukan olahraga dan UMKM. Ide ini dirembukkan panitia yang terlibat dari komunitas lari.

Dalam jumpa pers di Gerobak Kopi, Selasa (1/11/2022), Kepala Dinas Koperasi dan UKM, M. Faizal mengatakan, kegiatan itu sangat inspiratif. Bagi pemko ini adalah kabar baik adanya dukungan dari komunitas lari dalam rangka mengangkat perekonomian daerah.

"Payakumbuh melekat sebagai sentra kuliner di Sumbar. Di setiap sudut kota ada jajanan, ada usaha yang menjual berbagai macam produk kuliner, umumnya dilakoni oleh generasi muda yang kreatif," ujarnya.

Ditambahkan Faizal, bahkan nanti pada 13 sampai 17 Desember 2022 kembali digelar pula iven tahunan yang sudah tiga tahun tak digelar karena pandemi Covid-19, namanya Payakumbuh Bagodang yang rutin digelar di Medan nan Bapaneh Ngalau Indah, dengan adanya pekan seni budaya dan pameran untuk wadah UMKM kuliner dan fashion.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Nofriwandi menyebut pada Desember 2022, Payakumbuh padat akan agenda iven. Ada kegiatan olahraga, festival seni, budaya dan pameran UMKM.

"Kita berharap salahsatu dampak dari Payakumbuh Festife Run ini dapat mengundang banyak datang wisatawan dan olahragawan. Kota ini nyaman ditinggali, cuacanya sejuk, setiap kegiatan sangat ramai, bahkan kawasan ngalau menjadi padat bila ada iven seperti gowes, jumlahnya ribuan," katanya.

Sales Branch Manager Pertamina Sumbar Rayon IV, Muhammad Yudistira mengatakan dirinya baru enam bulan ditempatkan di Sumbar, diakuinya makanan orang Sumbar enak, pariwisata mantap dan masyarakatnya kreatif banget.

"Kita sudah mengetahui iven seperti ini sering dilaksanakan di Kota Payakumbuh, namun beberapa tahun ini terhambat karena pandemi Covid-19. Akibatnya sektor ekonomi dan kesehatan terdampak," kata Yudistira.

Ketua pelaksana Rio Irawan yang merupakan perwakilan dari Aventure Runner mengatakan iven ini mengangkat tema food culture and humanity, Payakumbuh merupakan kota yang terkenal dengan kuliner yang khas dan lezat dengan banyak pilihan makanan dan juga menawarkan cita rasa Payakumbuh yang tersedia selama 24 jam.

Rio menjelaskan, Payakumbuh Festive Run 2022 dipusatkan di BWS Taman Batang Agam. Di lokasi ini nantinya juga akan disediakan booth-booth untuk produk makanan dan kerajinan dari UMKM kota Payakumbuh, sehingga para pelari dapat bersantai seraya menikmati sajian sajian khas Payakumbuh dan juga oleh-oleh yang kan dibawa kembali pulang ke rumah.

Bagi yang ingin mendaftar bisa via online di www.beyondrun.com atau via offline dengan datang langsung ke sekretariat panitia pelaksana di Lembaga Bahasa (LB) LIA di Payakumbuh, pendaftaran sudah dibuka sejak 16 Oktober 2022.

Total hadiah yang diperebutkan adalah Rp60 juta dengan lima kategori. (AA)





Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama