Payakumbuh Ingin Miliki Simbol Khas Daerah

 Wali kota diskusi dengan tokoh masyarakat


PAYAKUMBUH-Ingin miliki simbol khas daerah yang bisa menjadi daya tarik untuk dikunjungi wisatawan, Penjabat Wali Kota Payakumbuh, Rida Ananda meminta masukan dari niniak mamak, budayawan, seninan dan tokoh masyarakat. Pertemuan diadakan di Agam Jua kafe, Selasa (1/11/2022).

Rida Ananda mengatakan, dari pertemuan tersebut ada beberapa masukan yang disampaikan untuk identitas yang sesuai dengan budaya dan kultur masyarakat. Mulai dari randang, kota kuliner, randai serta yang berhubungan dengan Payakumbuh lainnya.

"Banyak masukan yang kita peroleh. Dari aspirasi ini nanti akan kita pilih yang benar-benar sesuai dengan kultur dan kearifan lokal," kata Rida Ananda.

Rida menyebut, akan membentuk tim untuk mewujukan simbol yang pas, sehingga Payakumbuh dari kota persinggahan bisa menjadi daerah kunjungan destinasi wisata.

"Kita ingin ada tugu yang indah di Payakumbuh.  Dengan adanya simbol khas daerah ini, diharapkan bisa berdampak untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat," ucapnya.

Salah seorang tokoh masyarakat, Asmadi Taher mengharapkan ikon ini bisa menarik orang untuk berkunjung ke Payakumbuh. "Hal ini harus kita pikirkan bersama dan Payakumbuh bisa berubah status dari kota persinggahan menjadi kota tujuan," ucapnya.

Dia mencontohkan, Payakumbuh sebagai kota kuliner, "Seperti kita lihat, banyak masyarakat dari daerah lain tahunya Payakumbuh itu kota kuliner, karena banyaknya jajanan khas dan enak yang bisa dinikmati," katanya. (AA)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama