Pemkab Asahan Serahkan Ribuan Bibit Tanaman Produktif pada Masyarakat

 Foto bersama setelah penyerahan bibit


ASAHAN-Tradisi menanam pohon punya filosofi tersendiri. Menanam mempunyai dimensi dan efek ganda yang luar biasa. Menanam itu bermanfaat bagi orang lain maupun diri sendiri.

Cukup dengan menanam pohon, orang lain akan merasakan manfaatnya sekarang dan nanti. Karena itu, idealnya gerakan menanam adalah gerakan dari hati. Heart to heart. Terlebih, karena pohon juga adalah makhluk hidup. Selayaknya menempatkan pohon bukan sebagai objek, melainkan sebagai sesama subjek pengambil peran yang bermanfaat bagi lingkungan hidup, sama seperti manusia.

Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Lingkungan Hidup serahkan sejumlah bibit pohon produktif kepada masyarakat. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rahmat Hidayat Siregar didampingi Ketua Fraksi PDIP sekaligus Ketua HKTI Handi Afran Sitorus menyerahkan bibit di Alun Alun Kota Kisaran, Selasa (15/11/2022). 

Penyerahan itu dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Sedunia yang jatuh pada 21 November. Adapun penerima bibit tersebut adalah Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), HKTI Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kelompok Tani Makmur dan Desa Silau Maraja dengan total  mencapai 1.000 bibit pohon yang terdiri dari delapan jenis benih pohon.

Hidayat menjabarkan, dari 1.000 benih pohon yang dibagikan, termasuk didalamnya mahoni, jengkol, petai, asam jawa, asam gelugur, durian, mangga dan rambutan yang dibagikan secara merata untuk dapat ditanam dan dilestarikan. "Di samping menjaga kelestarian alam dan pencegahan banjir, juga bisa menjadi tambahan penghasilan bagi kelompok tani," ujar Dayat.

Dayat menambahkan, kegiatan ini dapat terjadi karena kepedulian bupati dan wakil bupati pada kelestarian alam di Asahan. “Bupati berharap agar warga yang memiliki lahan kosong dapat memanfaatkan lahannya untuk penanaman pohon seperti buah-buahan dan sayuran, selain untuk menjaga kelestarian lingkungan, pohon yang ditanam tersebut juga diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari–hari,” ujar Hidayat. 

Ketua HKTI Handi Afran Sitorus menambahkan, agar semua pihak dan stakeholder lainnya dapat turut andil dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan mengadakan penghijauan seperti yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup.  (YG)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama