Pemko Payakumbuh akan Terapkan Tanda Tangan Elektronik

 Wali kota rakor bersama kepala OPD


PAYAKUMBUH-Guna mempermudah dan mempersingkat pelayanan birokrasi pemerintah, Pemko Payakumbuh akan terapkan tanda tangan elektronik (TTE) untuk proses surat menyurat.

Penjabat Wali Kota Rida Ananda meminta kepada seluruh kepala OPD segera mengimplementasi TTE. Diharapkan dapat menjadi satu kesatuan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) terkait kerahasiaan, keaslian dan keamanan informasi. 

“Pemerintah daerah senantiasa mendorong percepatan penerapan penggunaan tanda tangan elektronik,” kata Rida Ananda saat rakor bersama seluruh OPD dan lurah di balai kota, Senin (7/11/2022). 

Rida meminta keseriusan dan komitmen semua perangkat daerah, terutama Dinas Komunikasi dan Informatika dapat berkomitmen penuh demi suksesnya penerapan penggunaan TTE itu.  

“Diharapkan outputnya akan berdampak pada peningkatan pelayanan yang lebih cepat dan akurat kepada masyarakat kita,” harapnya.

Kepala Diskominfo Junaidi mengatakan, untuk percepatan penggunaan TTE, pemko telah melakukan perjanjian kerjasama dengan Balai Sertifikasi Elektronik – Badan Siber dan Sandi Negara 24 Agustus 2022 lalu.

"Untuk tahap awal di tahun ini, akan dilakukan penerbitan sertifikat digital bagi wali kota, sekretaris daerah, staf ahli wali kota, asisten, kepala OPD, kepala bagian, camat dan sekretaris OPD," ucapnya.

Junaidi menyebut TTE ini akan digunakan dalam kegiatan surat menyurat yang nantinya akan terintegrasi dalam aplikasi Srikandi yang dikelola Dinas Arsip dan Perpustakaan dan penggunaannya tidak boleh diwakilkan ke orang lain karena sifatnya pribadi dan melekat dengan masing-masing personal. (AA)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama