Pemko Payakumbuh Bertekad Rebut Swasti Saba Wistara

 Wali kota saksikan pemaparan tentang kota sehat


PAYAKUMBUH-Penjabat wali kota Payakumbuh komit mewujudkan Payakumbuh yang sehat. Hal itu dibuktikan dengan penandatanganan komitmen bersama gerakan menuju Payakumbuh Sehat di aula Randang Balai Kota, Rabu (9/11/2022).

"Guna mewujudkan Payakumbuh sebagai kota sehat itu kuncinya komitmen kita bersama. Kita harus mempersiapkan diri dalam verifikasi penilaian tingkat nasional 2023. Semoga kita bisa meraih kembali predikat Swasti Saba Wistara yang ketujuh,” kata Rida Ananda.

Rida mengatakan penyelenggaraan kota sehat bertujuan mendorong terwujudnya kondisi kota yang bersih, aman, nyaman dan sehat dihuni. Diharapkan dapat meningkatkan sarana dan produktivitas perekonomian masyarakat.

“Ini merupakan modal dasar kita untuk mewujudkan masyarakat sehat, sehingga mampu meningkatkan kehidupan dan penghidupan masyarakat kita menjadi lebih baik," ucapnya.

Guna mewujudkan kota sehat tersebut, dijelaskan Rida ada sembilan tatanan indikator yang harus terpenuhi, yakni kehidupan masyarakat sehat mandiri, permukiman dan rumah ibadat, pasar rakyat, satuan pendidikan, pariwisata, transportasi dan  tertib lalu lintas jalan, perkantoran dan perindustrian, perlindungan sosial serta pencegahan dan penanganan bencana.

"Dengan terwujudnya tatanan-tatanan tersebut yang sesuai dengan standar akan mendukung pembangunan berwawasan kesehatan sebagai modal tercapainya derajat kesehatan yang setinggi-tingginya," jelasnya. 

Kepala Bappeda yang merupakan Ketua II Tim Teknis Kota Sehat, Yasrizal menyebut Payakumbuh sudah meraih sembilan kali gelar kota sehat, pada 2004 predikat Padapa, 2005 dan 2007 predikat Wiwerda, pada 2009, 2011, 2013, 2015, 2017 dan 2019 meraih predikat tertinggi Wistara, serta 14 kali Kota Adipura.

"Kita berharap bisa meraih Swasti Saba Wistara yang ke tujuh. Makanya sesuai arahan Pak Wali Kota tadi diminta komitmen dari semua stakeholder dan masyarakat untuk mewujudkan Payakumbuh yang sehat," pungkasnya. (AA)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama