Puncak Hari Bakti Transmigrasi Dilaksanakan di Distrik Tanah Miring

 Menteri Abdul Halim Iskandar dan Bupati Merauke Romanus Mbaraka 


JAKARTA - Puncak peringatan Hari Bakti Transmigrasi (HBT) ke-72 akan digelar di Kampung Yasa Mulya, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Senin (12/12/2022).

Upacara rencananya dilangsungkan secara hybrid dan diikuti seluruh pegawai Kemendes PDTT serta pendamping desa. Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar serta seluruh pejabat Kemendes dijadwalkan hadir mengikuti serangkaian resepsi peringatan yang bertema transmigrasi mendukung pencapaian SDGs sesa untuk Indonesia maju. 

“Nanti upacara dengan Pak Sekjen. Saya datangnya pas resepsi karena ada undangan dari Pak Presiden jadi upacaranya diwakilkan sekjen,” kata Menteri yang akrab disapa Gus Halim itu saat audiensi dengan Bupati Merauke Romanus Mbaraka di Jakarta, Senin (14/11/2022).

Peringatan HBT dimulai dengan beberapa acara, antara lain perlombaan HBT Cup di lingkungan Kemendes PDTT, istighosah dan doa bersama, transmigrasi fest yang akan diisi dengan pagelaran seni budaya dan wayang kulit, loka karya transmigrasi, tabur bunga dan Uupacara HBT di Merauke.

Gus Halim juga dijadwalkan meninjau BUMDes dan panen raya di Kampung Telaga Sari Distrik Kurik. Selain itu, digelar penyerahan kunci rumah transmigrasi penempatan 2022 sebanyak 17 KK dengan 85 jiwa juga akan dilangsungkan berikut dengan penyerahan penghargaan dan bantuan program kegiatan PPKTrans.

Untuk diketahui, peringatan HBT telah dimulai sejak 12 Desember 1950 sebagai awal pemberangkatan 23 KK ke Lampung 2 KK ke Lubuk Linggau.

Program transmigrasi ini terus dilakukan sampai saat ini sebagai upaya mendukung industrialisasi di luar Jawa serta pemerataan pembangunan.

HBT ke-70 tahun 2020 dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Barat dan HBT ke71 tahun 2021 digelar di kantor Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat. (nanda)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama