Inisiatif Mandiri, Warga Balai-Balai Semprot Desinfektan dari Rumah ke Rumah


mjnews.id - Pencegahan dan antisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) harus menjadi kesadaran semua pihak, terutama masyarakat.

Hal tersebut terlihat dari inisiatif masyarakat di Kelurahan Balai - Balai, Kecamatan Padang Panjang Barat yang melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan secara swadaya masyarakat dan dibantu Tim dari Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Virus Corona (PPVC) Kota Padang Panjang dan PMI.

Dimana masyarakat di Kelurahan tersebut berinisiatif menyemprotkan cairan disinfektan dari rumah ke rumah serta tempat - tempat umum diseputaran kawasan tersebut. Selasa (24/03/2020).

Ketua harian Satgas PPVC, Marwilis, SH, M.Si menyambut baik atas inisiatif yang dilakukan oleh masyarakat balai - balai tersebut.

“Penanganan penyebaran Virus Corona ini menjadi pekerjaan kita bersama, tidak hanya pemerintah tetapi semua unsur lapisan masyarakat, saya mengapresiasi atas inisiatif yang telah dilakukan oleh kelurahan Balai - Balai ini, “ucapnya.

Beliau juga menghimbau kepada Lurah Balai - Balai untuk mencermati setiap pendatang yang datang, apalagi yang daerahnya positif Virus Corona.

“Ini perlakukannya agak khusus, dan kita minta kesadaran untuk melakukan pengecekan kesehatan ke rumah sakit dan juga melakukan karantina mandiri dirumah,” himbaunya.

Sementara itu, hal senada juga disampaikan oleh salah seorang tokoh masyarakat, Nasrul Efendi beliau menyebutkan bahwa, “Penanganan penyebaran Virus Corona ini tidak hanya menjadi kerja pemerintah, tapi semua masyarakat jadi semua unsur elemen masyarakat terlibat dalam pemberantasan wabah ini, “ujarnya.

Nasrul Efendi yang juga selaku Anggota DPRD Kota padang Panjang juga menghimbau kepada masyarakat khususnya di lingkungan Kelurahan Balai-Balai, agar selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat.

“Mudah mudahan dengan cara ini masyarakat terhindar dari segala wabah penyakit khususnya Virus Corana ini,” harapnya.

Sebagai langkah antisipasi penyebaran Virus Corona ini, kegiatan serupa akan terus dilakukan oleh warga di kelurahan tersebut. Sehingga memancing partisipasi dari kelurahan yang lain untuk bersama sama dengan Pemerintah Daerah memberantas Virus ini.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Lurah Balai-Balai, Anggota Satgas PPVC dan Ketua PMI Kota Padang Panjang. (rel)
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama