MTs Negeri 6 Solok Selatan Mulai Direnovasi

loading...


Solsel, MJ News - Pelaksanaan pembangunan/rehabilitasi dan renovasi sarana prasarana madrasah di Solok Selatan (Solsel) dari 8 titik lokasi kegiatan hingga pekan lalu baru satu titik yang dikerjakan, yaitu di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 6 di Pakan Rabaa, Kecamatan KPGD.

Kasi Pendis Kemenag Solsel, Fitriyoni membenarkan pekerjaan pembangunan/rehabilitasi dan renovasi sarana prasarana madrasah yang dikerjakan oleh pihak PT. Verbeck Mega Perkasa selaku pelaksana dan PT. Riau Multi Cipta Dimensi selaku Manajemen Konstruksi, dari 8 titik lokasi kegiatan yang dimulai baru di MTs Negeri 6.

“Pekerjaan pembangunan dan renovasi sarana dan prasarana yang didanai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jendral Cipta Karya dan Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumbar tahun anggaran 2020 itu baru dimulai di MTs Negeri 6,” terang Fitriyoni, Selasa (24/3/2020).

Menurutnya, seluruh madrasah yang kecipratan dana miliaran dari pemerintahan pusat itu sudah mengosongkan ruangan dari peralatan yang akan terkena aktivitas pembangunan.
Selain itu, beberapa siswa madrasah juga sudah dialihkan untuk kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) sejak pekan lalu.

Hal ini agar pelaksanaaan pekerjaan tidak terganggu, pasalnya tanggal kontrak sudah dari 3 Februari 2020, dengan nomor kontrak: 11/HK. 02.01/PSP.POP.PPP-SB/2020.
Total anggaran dari pemerintah pusat yang berhasil diperoleh oleh 8 madrasah yang ada di Solsel pada tahun 2020 dari pemerintah pusat itu lebih kurang Rp18 miliar.

Madrasah yang akan dibangun tahun 2020 ini antara lain, MAN 1 (Muara Labuh), MTsN 3 (Pauh Duo), MTsN 5 (Bariang Rao-Rao), MTsN 1 (Pasir Talang), MTsN 4 (Lubuk Malako) dan MTsN 6 di KPGD. Berikutnya, MIN 3 Lubuk Malako dan MIN 6 Sarik Taba.

“Kita bersyukur, tahun ini sedikitnya ada Rp18 milyar dana yang diperoleh Solsel untuk pembangunan dan renovasi sarana dan prasarana 8 madrasah. Sebelumnya kita paling banyak dapat dana untuk satu kegiatan pembangunan hanya sekitar Rp200 juta saja,” terang Fitriyoni.

Di tempat terpisah, Kepala MTsN 6 Solsel, Jasrul membenarkan bahwa di madrasahnya kegiatan pembangunan sudah dimulai sejak pekan lalu.

Pihak pelaksana saat ini tengah merobohkan empat lokal, sisa lokal lainnya mung kin akan direhab saja.

“Terkait pelaksanaan kegiatan ini, pihak MTsN 6 Solsel sudah mengalihkan PBM siswanya ke SD di Sungai Bong,” kata Jasrul.

Hal yang sama juga dikatakan beberapa pim pinan madrasah. Seperti yang dikatakan Kepala MTsN 3 Solsel, Hamdi, MTsN 5 Solsel, Mustakmal dan MTsN 3 Solsel, Marmis, di mana pihaknya sejak pekan lalu sudah memindahkan aktivitas PBM. MTsN 3 Solsel dialihkan kegiatan PBMnya ke Kampus Widyaswara Solsel, MTsN 5 Solsel ke bekas kampus Awima dan MTsN 3 Solsel, ke MIN 7 Paninjauan. (*/eds)




 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama