Kapal Induk AS Konvoi di Laut Sumatera


Kapal Induk AS USS Nimitz dan dua kapal induk AS lainnya dipantau TNI AL saat melintas di sekitar perairan Indonesia. (Instagram TNI AL)


Liputankini.com-Kadispenal Laksma TNI Julius Widjojono membenarkan adanya kapal perang Amerika Serikat konvoi di Laut Sumatera. Dia mengatakan kapal induk milik militer AS tersebut melintas dengan menaati hukum internasional.


"Benar (USS Nimitz melintas). Sedang melakukan hak lintas transit. Hukum internasional mereka patuhi," kata Laksma Julius saat dimintai konfirmasi, Sabtu (6/2/2021).


Dia membenarkan saat ditanya USS Nimitz melaju menuju Laut Natuna Utara. Dia mengatakan TNI AL tetap menjalankan operasi keamanan laut Indonesia.


Julius mengatakan kapal perang AS tersebut juga sudah berkomunikasi dengan otoritas di Indonesia, dalam hal ini TNI AL.


"Betul ke LCS. Operasi keamanan laut (TNI AL) sudah terprogram dan terencana, baik operasi mandiri dan atau operasi di bawah kendali Panglima TNI," ujarnya yang diwartakan detikcom.


Koarmada I menjelaskan KRI secara konsisten hadir di seluruh perairan Indonesia terutama di lokasi strategis seperti Selat Malaka. Upaya ini dilakukan sesuai instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.


"Kehadiran KRI di perairan yurisdiksi nasional pada setiap sektor operasinya adalah kegiatan yang secara terus-menerus dilaksanakan oleh TNI AL. Khususnya di wilayah kerja Koarmada I ini sebagai bukti dalam mengamankan kepentingan nasional, menegakkan hukum, dan kedaulatan RI," kata Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K seperti dilihat di situs resmi TNI AL.

(*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama