Kemendagri Tegur Walikota Pariaman


Akmal Malik




Liputankini.com-Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik menegur Walikota Pariaman, Genius Umar yang menolak Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri terkait aturan seragam sekolah. Akmal menegaskan, SKB 3 menteri merupakan bagian dari ketentuan perundang-undangan yang harus ditaati semua kepala daerah.


"Barangkali kita peringatkan secara lisan dulu dan beliau juga dapat memahami kami menegur yang bersangkutan," ujar Akmal dalam, Rabu (17/2) yang dilansir republikaonline.


Akmal mengaku telah melakukan komunikasi melalui sambungan telepon dengan Genius Sumar. Ia mengingatkan tugas Genius Umar sebagai kepala daerah yang harus menaati seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan, termasuk SKB 3 Menteri tersebut.


Ia berharap, melalui komunikasi dan edukasi, tidak perlu pemberian sanksi kepada Wali Kota Genius. "Yang jelas dengan komunikasi kami yakin Pak Wali Kota akan memahami tanggung jawabnya," kata Akmal.


Sebelumnya, Genius Umar menyebut, Pemerintah Kota Pariaman tidak dapat menjalankan aturan sesuai dengan SKB 3 Menteri tersebut. Terlebih selama ini di Pariaman tidak ada peserta didik yang protes terhadap aturan berpakaian di sekolah


Di Pariaman, masyarakatnya bersifat homogen dan mayoritas muslim. Genius bahkan tidak takut bila sikapnya menolak SKB ini nantinya dapat berujung sanksi bagi Pariaman.


"Tidak akan menerapkan aturan tersebut di Kota Pariaman. Walaupun saya akan mendapatkan sanksi berupa teguran atau sanksi yang lainnya, saya tidak akan melakukan hal tersebut," kata Genius.


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama