Masker Medis Berlapis Masker Kain Lebih Ampuh

 



Liputankini.com-Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan masyarakat lebih cermat dalam menggunakan masker. Selain faktor kenyamanan, masyarakat perlu memperhatikan efektivitas masker dalam mencegah penularan virus corona.


Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, penelitian terbaru yang dirilis CDC Amerika Serikat menunjukkan bahwa penggunaan masker medis berlapis masker kain lebih ampuh mencegah penularan Covid-19.


"Kombinasi masker ganda ini terbukti memberikan perlindungan yang jauh lebih baik bagi pemakainya dibanding hanya dengan masker kain atau masker medis saja," ujar Wiku.


Namun konsep masker berlapis ini tidak boleh ditelan mentah-mentah. Wiku menjelaskan, ada beberapa kombinasi penggunaan masker yang justru tidak boleh dilakukan. Pertama, Wiku melanjutkan, masker medis tidak disarankan digunakan berlapis, baik lapis dua atau lebih.


"Jangan gabungkan dua masker medis secara bersamaan. Sebab masker medis tidak dirancang untuk dipakai dua lapis bersamaan karena tidak meningkatkan filtrasi atau kesesuaian masker," kata Wiku yang dilansir republikaonline, Jumat (19/2/2021).


Kombinasi kedua yang tidak dibolehkan adalah menggabungkan masker KN95 dengan jenis masker lain, baik masker medis atau masker kain. Wiku menyebutkan bahwa masker KN95 lebih efektif dipakai tanpa ada pelapis lainnya.


"Mengenakan masker adalah salah satu cara terpenting untuk kurangi risiko tertular dan sebarkan covid. memakai masker dengan benar lebih baik daripada tidak memakai masker sama sekali," kata Wiku.


Selain itu, Wiku juga mengingatkan masyarakat untuk tidak memakai masker yang memiliki katup udara. Keberadaan katup udara justru bisa menjadi celah masuknya virus corona. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama