Mahasiswa Masyarakatkan Teater ke Masyarakat

 

Mahasiswa berbagi ilmu dengan masyarakat tentang teater. 


LIPUTANKINI.COM-Dalam rangka memperingati Hari Teater Dunia (HATEDU yang diperingati setiap 27 Maret, Himpunan Mahasiswa (HIMA) Teater Fakultas Seni Pertunjukan ISI Padang Panjang, berkolaborasi dengan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) melaksanakan pementasan teater bersama masyarakat di Desa Kubu Gadang dengan tema memasyarakatkan teater dalam masyarakat.


Kolaborasi tersebut diisi 13 TBM yang dilatih bermain teater, monolog, puisi, musikalisasi puisi oleh mahasiswa teater ISI juga dari seluru HIMA di lingkungan ISI dan Seni Tradisional Kubu Gadang.


Ketua HIMA Teater ISI Padang Panjang, Hidayat mengatakan, hari teater dunia dilaksanakan setiap tahun. Tahun lalu, hari teater dunia dilaksanakan secara virtual karena pandemi. Tetapi, tahun ini dilaksanakan secara luring. 


"Kali ini bisa bekerja sama dengan forum TBM, pihak Kubu Gadang dan Pemerintah Kota Padang Panjang. Kegiatan tetap memperhatikan protokol kesehatan," katanya.


Tahun ini terasa spesial dan luar biasa. Banyak unsur yang terlibat dalam acara ini. "Kita bekerja sama dengan masyarakat dan pemerintah memeriahkan hari teater dunia," kata dia.


Di samping itu, akan ada juga seminar teater dengan  tema memasyrakatkan teater dalam masyarakat, dengan pemantik diskusi Wanda Rahmat Putra dan narasumber, Afrizal.  "Pesertanya guru-guru kesenian, masyarakat serta siswa-siswi Padang Panjang,” paparnya.


Pengelola Desa Kubu Gadang,  Yuliza Zen, mengaku senang dengan kolaborasi antara mahasiswa  prodi Seni Teater ISI Padang Panjang, pemerintah kota dan juga masyarakat.


Ungkapan senada juga disampaikan Ketua FTBM Yandri. Menurut dia,  kegiatan seperti ini sangat dinanti. "Sebuah pengabdian yang luar biasa dari mahasiswa. Mahasiswa Teater  ISI berkenan memberi ilmu kepada TBM-TBM yang diikutkan," kata Yandri.


Ketua Jurusan Teater ISI Padang Panjang, Sulaiman Juned mengatakan, selayaknya mahasiswa tidak berada di menara gading. Sudah saatnya mahasiswa berada di tengah masyarakat untuk membangun kebudayaan di lingkungannya.


“Saya bangga terhadap HIMA Teater dalam menyambut hari teater dunia kali ini. Mahasisswa berusaha memberikan ilmu dan pengabdiannya kepada masyarakat. Ini patut kita apresiasi serta memberi dukungan penuh,” ujarnya. (zainal)







 


Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama