FIFA Siapkan Teknologi Offside Otomatis di Piala Dunia 2022



ZURICH - FIFA dikabarkan siap menerapkan sistem otomatis untuk menentukan offside pada Piala Dunia 2022 di Qatar. Hal tersebut diungkapkan kepala pengembangan sepak bola FIFA, Arsene Wenger. Sistem ini akan memberikan peringatan kepada asisten wasit saat ada pemain offside.


Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB), yang bertugas mengawasi aturan sepak bola, bulan lalu mengatakan terus mengevaluasi aturan offside. IFAB juga berencana menguji keputusan semi-otomatis dengan membuat teknologi, yang memberikan peringatan VAR soal offside.


Tujuan menggunakan teknologi ini untuk memberikan akurasi lebih tinggi dalam menentukan offside. Akhirnya akan mengurangi waktu dibutuhkan wasit saat melihat VAR. "Saya pikir offside otomatis akan siap untuk 2022," ucap Wenger, dikutip dari Skysports, Jumat (9/4/2021).


Mantan pelatih Arsenal itu menjelaskan, maksud otomatis adalah akan ada sinyal ke asisten wasit melalui jamnya dengan lampu berwarna merah, untuk memberitahu offside atau tidak. Sekilas, teknologi ini sama seperti sinyal yang dimiliki wasit saat bola melewati garis gawang atau tidak saat dalam situasi gol yang sulit.


Menurut Wenger, waktu yang dibutuhkan dalam menentukan pemain offside atau tidak dengan teknologi ini rata-rata 70 detik sampai 1 menit 20 detik. Namun waktu itu bisa lebih lama saat situasinya sulit. "Teknologi ini penting karena kita melihat banyak perayaan (gol) yang dibatalkan setelah situasi yang tipis, dan itulah mengapa saya yakin ini langkah yang penting," ujar Wenger yang diwartakan republika.co.id. (*)







 


Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama