Mantan Wakil Gubernur Dirikan Rumah Gadang Malintang Panai


 Mantan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit meletakan batu pertama pembangunan rumah gadang kaumnya di Air Haji, Pesisir Selatan, Sabtu (10/4/2021).





PESISIR SELATAN-Mantan wakil gubernur, Nasrul Abit  meletakkan batu pertama pembangunan rumah gadang kaum mMalintang Panai di Kenagarian Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Sabtu (10/4/2021).  



Dia mengajak seluruh dunsanak di ranah maupun dan yang berada di perantauan ikut serta berpartisipasi agar proses pembangunan cepat selesai.


“Saya selaku Datuak Malintang Panai beserta seluruh kaum, meletakkan batu pertama pembangunan rumah gadang kaum Malintang Panai di Kenagarian Air Haji," katanya.


Nasrul Abit berharap dengan rumah gadang ini, dirinya dan kaum Malintang Panai serta masyarakat Air Haji dapat berbuat lebih banyak lagi dalam memberikan sumbangsih untuk melestarikan budaya  kesenian tradisional dan nuansa kembali ke surau.   


“Harapannya, dengan rumah gadang, kita bisa mengembangkan kesenian tradisional. Apakah itu rabab, silek, kesenian dan lain-lain. Kita ingin, nuansa kembali ke surau kita bangkitkan kembali. Kiranya, pembangunan rumah gadang ini nantinya bisa segera terealisasikan, sehingga kami dari kaum Malintang Panai, juga ikut membantu pelestarian budaya Minangkabau, khususnya di Air Haji,” ujar Nasrul Abit dalam siaran pers. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama