Singkarak Jadi Geopark Nasional, Ini Keuntungannya


 Bupati Eka Putra foto bersama usai sosialisasi pengusulan Singkarak jadi geopark nasional. (humas)




BATUSANGKAR-Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mendukung Danau Singkarak masuk menjadi geopark nasional.


“Saya mendukung penuh program Geopark Danau Singkarak diusulkan menjadi geopark nasional dan saya bersemangat bagaimana bisa bersama-sama dengan pemerintah provinsi dan tim untuk mewujudkan cita-cita ini,” ungkap Eka Putra saat mengikuti sosialisasi geopark di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Kamis (22/4/2021).


Eka minta perangkat daerah terkait, camat dan wali nagari yang terkait juga mendukung penuh program ini. “Saya minta perangkat daerah di bawah koordinasi Dinas Parpora, Pak Camat maupun wali nagari sama-sama memberi dukungan penuh untuk Geopark Danau Singkarak. Tidak ada kata terlambat, karena program ini banyak manfaat untuk pelestarian alam, edukasi dan peningkatan pendapatan masyarakat,” tekan bupati.


Bupati menjelaskan, Tanah Datar kaya akan tempat yang indah-indah yang masih natural. “Saat saya berkeliling ke beberapa tempat di Tanah Datar, ditemukan banyak tempat yang mempesona baik pemandangan maupun keunikannya. Mudah-mudahan bisa disinkronkan dengan geopark,” kata dia.


Salah seorang tim Geopark Ranah Minang, Febrin Anas Ismail mengatakan Danau Singkarak punya potensi yang lengkap menjadi kawasan geopark. “Geologinya, flora fauna maupun budaya lokal, terkhusus ada ikan bilih ikan endemik Danau Singkarak menjadi nilai plus,” sampainya.


Konsep geopark jelas Febrin, merupakan manajemen pengembangan kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi terkemuka termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya, di mana masyarakat lokal dan pemerintah setempat bekerjasama melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.


Ferbrin mengemukakan, pengembangan geopark berpilar kepada aspek konservasi, edukasi dan pengembangan nilai ekonomi lokal melalui kegiatan pariwisata.


“Potensi Sumbar menjadi calon Unesco Global Geopark sangat besar karena memiliki warisan geologi yang mendunia seperti patahan Sumatera maka kerja tim geopark perlu didukung pemerintah provinsi dan kabupaten, termasuk sinergi semua pihak, pemerintah, perguruan tinggi, swasta, pegiat wisata, lembaga penelitian dan masyarakat dan yang terpenting komitmen pimpinan daerah,” katanya yang dikutip dari laman resmi pemerintah kabupaten. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama