Wapres Sebut Pilkada Serentak Berhasil Meski Pandemi

Wapres Ma'ruf Amin. 

JAKARTA-Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut pelaksanaan Pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2020 lalu di 270 Daerah berhasil, meskpun digekae di tengah pandemi Covid-19. Wapres pun mengapresiasi Kementerian Dalam Negeri, para kepala daerah, perangkat daerah, penyelenggara Pilkada, dan masyarakat, atas kontribusinya dalam keberhasilan Pilkada dengan tingkat partisipasi 76,09 persen.

"Secara keseluruhan Pilkada telah berjalan dengan aman, lancar, tertib dan terkendali walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19," kata Ma'ruf saat menghadiri peringatan HUT Otonomi Daerah ke-25 secara virtual, Senin (26/4/2021).

Wapres mengatakan keberhasilan tersebut menjadi suatu bukti bahwa melalui kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang ketat, maka roda pemerintahan tetap berjalan dan produktif. Sehingga, Pilkada yang merupakan agenda utama pembangunan demokrasi dan mandat Konstitusi, tetap dapat dapat dilaksakan sesuai rencana.

Karena itu, ia menilai peringatan Hari Otonomi Daerah merupakan momentum tepat untuk melihat kembali dinamika dan tantangan yang dihadapi pemerintahan daerah di masa yang akan datang.

Ia menekankan, agar pelaksanaan otonomi daerah  berkualitas, maka dibutuhkan Kepemimpinan Adaptif. "Pemimpin yang mampu menghadapi berbagai situasi, cepat dan tepat dalam bertindak, dan berorientasi pada pemecahan masalah dengan selalu menyesuaikan dirinya dengan perubahan dan keadaan baru," katanya

Karena itu, ia meminta seluruh jajaran Pemda sebagai ujung tombak pemerintahan agar selalu menjadi contoh dan pelopor, baik dalam berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan publik maupun dalam menegakkan protokol kesehatan serta menyukseskan program vaksinasi di seluruh Indonesia.

”Selamat Hari Otonomi Daerah. Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19 untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah bangkit dan Indonesia Maju," katanya yang diwartakan republika.co.id. (*)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama