Aliansi Pedagang Tolak Alfamart Masuk Sumbar

 

Aksi tolak Alfamart masuk Sumbar.

PADANG-Sekelompok orang mengatasnamakan dari aliansi mahasiswa-pedagang Sumbar meminta gubernur dan wakil gubernur menolak kehadiran Nagari Mart. Sebab, menurut mereka menduga Nagari Mart berafiliasi dengan Alfamart. Para pendemo melakukan aksinya di depan kantor gubernur, Senin (7/6/2021).

Menurut Sepriadi, ketua aksi, Alfamart telah masuk ke Sumbar dengan menggunakan nama Nagari Mart, yang telah dibuka di Padang Pariaman. "Kami menolak Nagari Mart berafiliasi dengan Alfamart,” kata Sepriadi.

Dikatakan, Alfamart merupakan salah satu raksasa kapitalis, sehingga akan menghancurkan pedagang kecil di Sumbar. Pihaknya tidak takut berkompetisi, hanya saja kondisi itu seperti mengadu antara gajah dan semut sehingga tidak fair.

Ia meminta gubernur Mahyeldi atau wagub Audy Joinaldy, melindungi pedagang kecil dan melarang Alfamart. Sebab akan membunuh ekonomi masyarakat. 

Dikutip dari blog Alfamart, perusahaan itu didirikan Djoko Susanto, salah seorang pengusaha sukses di Indonesia. Dia beliau menempati posisi ke-27 dari 50 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes. Djoko adalah anak keenam dari 10 bersaudara. Djoko tidak sempat mengenyam pendidikan tinggi. 

Djoko mulai terjun di bidang usaha saat berusia 17 tahun. Saat itu, dia membantu untuk mengelola bisnis toko sederhana yang dimiliki orangtuanya. Dewi Fortuna mulai meliriknya setelah beliau menarik perhatian dari Putera Sampoerna, pemilik dari perusahaan rokok dan tembakau terbesar di Indonesia. Djoko kemudian bekerjasama dengan Putera Sampoerna dan mendirikan 15 kios serba ada yang tersebar pada beberapa lokasi di Jakarta. Pada Agustus 1989, beliau meluncurkan perusahaan kecil yang dinamai Alfa Toko Gudang Rabat. Hingga saat ini, Djoko menggunakan kata “Alfa” sebagai trademark perusahaannya.

Setelah mendirikan Alfa Toko Gudang Rabat, Djoko Santoso menyadari perkembangan toko tersebut tak lagi bagus. Hal tersebut disebabkan karena toko tersebut kalah bersaing dengan supermarket lainnya pada saat itu. Dia kemudian memutuskan untuk menjual Alfa Toko Gudang Rabat kepada Carrefour. Beliau kemudian mengambil langkah besar untuk menginvestasikan uangnya untuk mengembangkan dua minimarket turunan dari Alfa Toko Gudang Rabat. Minimarket tersebut tak lain dan tak bukan adalah Alfamart dan Alfamidi.

Alfamart adalah salah satu brand minimarket yang didirikan PT Alfa Retailindo, Tbk. Gerai pertama Alfamart dibuka di Jalan Beringin Raya Karawaci, tepatnya pada 18 Oktober 1999. Saat itu, Alfamart memiliki nama Alfa Minimart. Nama tersebut diubah menjadi Alfamart di tanggal 1 Januari 2003. Penawaran saham perdana untuk minimarket ini dibuka oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya pada Januari 2009. Alfamart memiliki gerai flagship dan kantor pusat yang terletak di Jalan MH Thamrin Nomor 9 Cikokol, Tangerang. (ed)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama