Kalau Memungkinkan, Petani Dijadikan Peserta BPJS Ketenagakerjaan

 BPJS serahkan santunan pada ahli waris guru yang meninggal dunia. (humas)


BATUSANGKAR-BPJS Ketenagakerjaan sesuai amanat undang-undang memberi jaminan sosial kepada tenaga kerja. Beberapa layanan di antaranya jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun.


“Program BPJS Ketenagakerjaan sangat bermanfaat untuk melindungi masyarakat. Sosialisasi ke perusahaan dan ke tengah-tengah masyarakat yang perlu ditingkatkan sehingga masyarakat tahu manfaat dan keuntungan ikut dalam BPJS Ketenagakerjaan,” ungkap Bupati Eka Putra saat menerima kunjungan Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi Ocky Olivia, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanah Datar Muhammad Afdhal dan Kepala Bidang Kepesertaan Yori Pratama di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Rabu (23/06/2021).

Bupati Eka Putra mengemukakan, masyarakat Tanah Datar banyak berprofesi sebagai tenaga kerja informal. “Tanah Datar adalah wilayah pertanian, jumlah petaninya pun tinggi. Jika bisa dirangkul, maka petani akan terlindungi melalui jaminan sosial,” ucap bupati.

Tidak hanya petani sebut bupati, guru honor, guru TPA atau tahfiz maupun dai bisa ikut program BPJS Ketenagakerjaan. “Kita akan kaji ini, kalau memungkinkan kondisi keuangan, pemerintah daerah punya kepedulian untuk membantu,” katanya yang dikutip dari siaran pers Bagian Humas.

Kadis PMPTSP Naker Zarratul Khairi menambahkan saat ini ada rencana untuk melindungi pekerja rentan (rumah tangga miskin) agar terlindungi jaminan sosialnya melalui sistem donasi dari perantau. “Bagaimana nanti perantau ikut menjamin premi saudaranya di kampung halamannya sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, ada keringanan yang diterima,” sampainya. 

Ocky Olivia siap berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada BPJS Ketenagakerjaan. “Terima kasih, kami sudah diterima, mudah-mudahan ini silaturahmi ini memperkuat kerjasama,” harapnya.

Senada dengan itu Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanah Datar Muhammad Afdhal akan terus mensosialisasikan progam BPJS Ketenagakerjaan.

“Beberapa waktu lalu, kita sosialisasikan kepada guru TPA dan dari 2.000-an jumlah, sudah 150 orang ikut,” sambungnya.

Di kesempatan itu juga diserahkan pembayaran santunan kematian kepada Afrizal ahli waris Nova Afriani guru honor SDN 14 Batu Basa Pariangan senilai Rp42 juta. “Almarhumah meninggal karena sakit yang diderita. Menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan selama enam bulan dengan premi Rp. 9.700 per bulan. Mudah-mudahan santunan yang diberikan bisa bermanfaat,” pungkasnya. (*)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama