Rasa Kebangsaan Generasi Muda Mengawatirkan

 

Pendidikan wawasan kebangsaan di Tanah Datar. (humas)


BATUSANGKAR-Rasa kebangsaan di kalangan anak bangsa kian mengawatirkan. Rasa kebangsaan ada indikasi kian terdegrdasi. Hal itu bisa dilihat secara nyata dalam dinamika sosial, interaksi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian di hadapan Kepala Badan Kesbangpol Sumbar, Nazwir dan undangan saat membuka pendidikan wawasan kebangsaan, Selasa (8/6/2021) di Emersia Hotel dan Resort Batusangkar. 

“Saat ini sering terjadi konflik, intoleransi dan kebiasaan yang tidak menghargai antar sesama, tidak peduli lagi akan nilai-nilai kebangsaan, lambang dan simbol serta harmonisasi kebangsaan,” kata Richi. 

Belum lagi, tambahnya, pengaruh negatif kemajuan teknologi yang tidak terfilter secara arif dan bijak yang akhirnya merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.  “Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih kepada Pemprov Sumbar, atas pelaksanaan sosialisasi di daerah kami,” ujarnya yang dikutip dari laman pemerintah kabupaten. 

Selepas ikuti acara ini, kata Richi, para peserta mampu memberikan semangat dan meningkatkan rasa cinta tanah air dan rasa  cinta terhadap nilai-nilai perjuangan dan ideologi Pancasila kepada masyarakat di lingkungannya. 

Ketua panitia pelaksana Adi Dharma yang juga menjabat Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Sumbar menyampaikan, kegiatan pendidikan wawasan kebangsaan dimaksudkan untuk memberikan pembekalan kepada perangkat nagari, bundo kanduang, dan generasi muda di Tanah Datar. 

“Direncanakan kegiatan sehari ini pesertanya 60 orang. Kita berharap atas pendidikan ini terlaksana optimalisasi pengembangan dan pelaksanaan nilai kebangsaan guna penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara berlandaskan nilai Pancasila dan UUD 1945,” kata Adi. 

Dalam kegiatan ini, sebut Adi lagi, narasumber dengan materi dari orang-orang yang kompeten di bidangnya. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama