Komandan Lantamal II Bergelar Datuak Bagindo Malano Nan Hitam

 

Komandan Lantamal dianugerahi gelar adat



AGAM-Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) II Padang, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Hargianto diberikan gelar kerhormatan atau kabasaran Datuak Bagindo Malano Nan Hitam Pangulu Suku Pisang Nagari Cingkariang, Kabupaten Agam.

Pengukuhan ini ditandai dengan proses pemasangan saluak kepada Hargianto oleh Gubernur Mahyeldi Datuak Marajo, pemasangan keris oleh LKAAM Sumbar M. Sayuti Rajo Penghulu, penyerahan tongkat oleh Fauzi Bahar Datuak Nan Sati 

Batagak gala kabasaran itu digelar di Masjid Jami' Cingkariang, dihadiri juga Bupati Agam Andri Warman, Forkopimda Sumbar, tokoh adat dan pejabat daerah lainnya, Minggu (29/8/2021).

"Gala Datuak Bagindo Malano Nan Hitam yang berikan kepada Danlantamal II Padang menjadi bagian untuk memperkuat sendi-sendi adat Minangkabau, khususnya di Nagari Cingkariang ini," katanya. 

Gubernur Mahyeldi menilai Laksma TNI Hargianto patut diangkat jadi Datuak panghulu bagala Datuak Bagindo Malano Nan Hitam dari Ninik Mamak Nagari Cingkariang.  

"Beliau sosok yang tegas dalam penegakan keamanan dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat, untuk itu diapresiasi dengan penganugerahan gelar Datuak Bagindo Malano Nan Hitam dari Ninik Mamak Nagari Cingkariang," kata Mahyeldi.

Mahyeldi menyampaikan, acara sakral ini, sebagai seorang panghulu atau pemimpin kaum, ini sangsinya berat, jadi ini harus dilaksanakan dalam memimpin kaum dan menuntun anak kemenakan, kearah yang lebih baik dan menanamkan pemahaman adat maupun agama.

"Atas nama pemerintah provinsi, kami ucapkan selamat kepada Datuak Bagindo Malano Nan Hitam yang dinobatkan sebagai Penghulu dari Ninik Mamak Suku Pisang," ucapnya. "Semoga datuak nantinya bisa mengayomi masyarakat tidak hanya di Sumbar, tetapi lebih luas masyarakat Indonesia," imbuhnya.

Bupati Andri Warman mengatakan ucapan syukur, di daerahnya saat ini memiliki Datuak Panghulu dari TNI Angkatan Laut berbintang satu.  

"Kami sangat bangga, Danlantamal II LaksmaTNI Hargianto menjadi niniak mamak bagi Nagari Cingkariang. Jika sudah menyandang gelar panghulu, sebagai Datuak Bagindo Malano Nan Hitam tentunya mampu menjadi teladan bagi anak kemenakan dari kaum suku," sebutnya.

Andri Warman menyampaikan, penghulu dari dahulunya menjadi suri tauladan bagi lingkungan di sebuah nagari, dimana semua kemanakan belajar dan meminta petunjuk ninik mamak dalam berbagai hal menjalani kehidupan.

"Selamat buat Danlantamal, semoga bisa menjalankan amanah dan menjadi pemimpin teraju umat dalam membangun Nagari yang Berpancang Amanah Bersauh Marwah," tutupnya. (rls)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama