32 Calon Pengawas Ikut Seleksi


 Peserta sedang ikut seleksi   

KOTA SOLOK - Sebanyak 32 calon pengawas mengikuti seleksi Bakal Calon Pengawas Sekolah (BCPS) Untuk mengisi kebutuhan pengawas sekolah dalam lima tahun kedepan, yang diadakan oleh Dinas Pendidikan bertempat di Aula Kantor Dinas Pendidikan pada Jum’at (19/09/2021)

Kegiatan ini berlangsung selama empat hari ini diawali pada 17 September 2021, dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan. Sebanyak 32 orang peserta, yang dibagi atas 4 kelompok dipandu oleh panitia dari dinas Pendidikan dan pihak dari LPPKSPS.

Kegiatan ini dilaksanakan setelah melalui analisis tahap proyeksi kebutuhan pengawas sekolah dalam lima tahun ke depan, dimana Pengawas Sekolah yang ada masih belum mencukupi jumlahnya, ada yang telah meninggal dunia, yang telah purna bakti bahkan ada pula yang masih aktif saat ini akan segera menjalani masa purna bakti.

Tahapan dalam penyiapan Calon Pengawas Sekolah adalah Seleksi, Pendidikan dan Pelatihan, dan Pengangkatan Calon Pengawas Sekolah. Proses seleksi meliputi seleksi administrasi dan seleksi substansi. Seleksi administrasi bertujuan untuk mengatahui kelengkapan persyaratan administrasi Calon Pengawas Sekolah yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Solok.

Bagi yang dinyatakan lulus seleksi administrasi ini akan melanjutkan pada seleksi substansi untuk mengetahui potensi bidang pengawasan yang dimiliki oleh Calon Pengawas Sekolah.

Seleksi substansi ini dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS). Lembaga yang bernaung di bawah kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi ini merupakan satu-satunya lembaga yang bertanggung jawab dalam penyiapan kompetensi Calon Kepala Sekolah dan Calon Pengawas Sekolah dalam rangka mensinergikan semua komponen untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di Kota Solok,

Pelaksanaan kegiatan berdasarkan panduan pelaksanaan kegiatan seleksi Subtansi BCPS ini dilakukan dengan cara Tatap Muka Langsung dan Tatap Muka Virtual. Agenda kegiatan pengenalan dan Latihan menggunakan aplikasi yang akan dipakai selama kegiatan tatap muka virtual yaitu dengan aplikasi Microsoft Teams. Peserta pada tiap kelompok dipandu oleh panitia dari LPPKSPS berlatih menggunakan aplikasi ini, cara masuk ke dalam aplikasi, mengunduh file, cara tampil untuk presentasi dan lainnya.

Sedangkan pada hari kedua kegiatan pembukaan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Meeting dihadiri dan dibuka oleh Drs. Sri Mulyono, M.Pd dari LPPKSPS, tim asesor yang dari beberapa daerah berjumlah 8 orang, Kepala Dinas Pendidkan diwakili oleh pengawas sekolah, Sri Puji Astuti, S.Pd, M.Ed, PhD, pihak panitia dari LPPKSPS dan Dinas Pendidkan Kota Solok serta semua peserta seleksi BCPS Kota Solok.

Selesai pembukaan kegiatan dilanjutkan masih dalam Zoom meeting dengan penjelasan teknis kegiatan dan penilaian kemampuan substansi BCPS oleh Fety Marhayuni dari LPPKSPS sebagai ketua tim Asesor. (SIS)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama